Rabu, 13 Feb 2013 11:12 WIB

PixelTone, Aplikasi Edit Foto Berbasis Perintah Suara

- detikInet
PixelTone (PetaPixel)
Jakarta - Aplikasi yang memungkinkan user untuk memberikan perintah suara saat mengedit foto, tengah digarap peneliti dari Adobe Research. Mereka menamamakannya, PixelTone.
 
Di sini, Adobe Research tak sendirian. Mereka berkolaborasi dengan University of Michigan untuk mewujudkannya. Konsepnya adalah mengkombinasikan gesture dan suara pengguna untuk mengutak-atik image.

Sebuah video demonya memperlihatkan sisi menarik dari aplikasi yang dimaksud. Diperlihatkan, bagaimana PixelTone bisa melakukan beberapa pengeditan dasar seperti brightness dan cropping ketika 'disuruh'.

Lebih canggihnya lagi, pengguna juga bisa 'mengajari' program ini untuk mengenali obyek-obyek tertentu dalam foto, misalkan baju. Untuk melakukannya, tinggal lakukan proses seleksi di baju lalu katakan "this is a shirt", maka softwarenya akan merekamnya.

Demikian juga jika ingin 'mengenalkan' nama seseorang dalam foto. Lakukan proses seleksi yang sama, namun kali ini selection dilakukan di area wajah, lalu katakan siapa nama subyek yang dimaksud.

Nah, usai memberikan pengenalan itu, pengunapun bisa melakukan adjustment yang lebih spesifik, seperti menyuruh program untuk mengubah warna t-shirt dan lain-lain. Menyuruh PixelTone untuk mengubah foto menjadi bergaya retro? Tinggal ucapkan saja.

Dikutip dari PetaPixel, Rabu (13/2/2013), para peneliti tersebut akan mempresentasikan temuannya itu di sebuah konferensi di Paris. Sejauh ini, aplikasi tersebut baru sebatas prototype, namun agaknya tinggal tunggu waktu saja bagi program serupa untuk menjadi mainstream.





(sha/ash)