Foto-foto Luar Angkasa Paling Keren di 2019 Jepretan Teleskop Hubble

FotoINET

Foto-foto Luar Angkasa Paling Keren di 2019 Jepretan Teleskop Hubble

Pool - detikInet
Sabtu, 28 Des 2019 11:22 WIB

Jakarta - Hubble melahirkan banyak ilmu astronomi yang luar biasa dalam setahun terakhir, termasuk foto-foto luar angkasa yang keren ini.

Asteroid (6478) Gault. Ini bukan komet berekor, melainkan asteroid ekor kembar yang tertangkap saat akan hancur secara bertahap, Foto: NASA, ESA, K. Meech, J. Kleyna (University of Hawaii), O. Hainut (European Southern Observatory). 

Galaxy NGC 3147. Lubang hitam supermasif spiral ini berhadapan langsung secara gravitasi dengan menggeser ulang cahaya bintang interior, yang ditangkap Hubble. Foto: NASA, ESA, S. Bianchi (Universita Degli Studi Roma Tre University), A. Laor (Technion-Israel Institute of Technology), M. Chiaberge (ESA, STSCI, JHU). 

Eta Carinae. Supernova masa depan ini masih menampilkan sisa-sisa letusannya di 1843 yang spektakuler. Foto: NASA, ESA, N. Smith (University of Arizona), J. Morse (Boldlygo Institute).

PSZ1 G311.65-18.48. Gugusan latar depan ini secara gravitasi memantulkan sebuah galaksi ultra-jauh ke yang luar biasa. Foto: NASA, ESA, E. Rivera-Thorsen (Institute of Theoretical Astrophysics, Oslo, Norway).   

The Southern Crab Nebula. Nebula planeta ini muncul dari raksasa merah yang sekarat dan mengorbit pendampingnya. Foto: NASA, ESA, STSCI.  

Galaxy D100. Galaksi paling kanan yang terekam Hubble sedang melaju kencang melalui Coma Cluster. Siluet dan debu belang aktif yang ditampilkannya membentuk bintang-bintang baru. Foto: NASA, ESA, M. Sun (University of Alabama), W. Cramer, J. Kenney (Yale Unibersity). 

Galaksi Kerdil Bedin 1. Galaksi yang sangat kecil ini ditemukan secara tidak sengaja. Letaknya jauh di luar bintang-bintang latar depan, hanya berjarak 3.000 tahun cahaya. Foto:  NASA, ESA, L. Bedin (Astronomical Observatory of Padua, Italia).   

Gugus Globular NGC 1466. Gugusan bintang purba ini mengorbit Awan Magellan Besar, yang secara terpusat kaya akan kumpulan bintang kebiruan yang baru terbentuk. Foto: ESA, NASA. 

Jupiter. Salah satu foto Hubble yang paling disukai dan viral mungkin adalah penampakan Jupiter. Planet ini terlihat anggun dari dekat. Foto: NASA, ESA, A. Simon(Goddard Space Flight Center), M.H. Wong (University of California, Berkeley). 

Galaxy pair AM 2026-424. Penampakan yang menyerupai wajah hantu ini adalah sepasang galaksi masif yang hendak menyatu. Foto: NASA, ESA, J. Dalcanton, B.F. Williams, M. Durbin (University of Washington).

(/)