Begini Caranya biar Tak Sembarang Dimasukkan Grup WhatsApp

FotoINET

Begini Caranya biar Tak Sembarang Dimasukkan Grup WhatsApp

istimewa - detikInet
Jumat, 08 Nov 2019 14:50 WIB

Jakarta - Kini pengguna WhatsApp memiliki kendali untuk membatasi siapa saja yang bsia memasukkan kita ke sebuah grup chat. Berikut ini langkah-langkahnya.

Hal pertama, update dulu WhatsApp dengan versi terbaru baik di PlayStore ataupun iOS. Tapi, biasanya, tanpa perlu di-update, fitur ini sudah tersedia di aplikasi. (Foto: istimewa)

Kedua, masuk ke aplikasi WhatsApp, pilih ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih Pengaturan (Settings). (Foto: screenshot)

Pada halaman Pengaturan, kemudian pilih menu Akun (Accounts) dan pilih Privasi (Privacy) dan klik Grup (Groups). (Foto: screenshot)

Setelah Grup diklik, akan muncul tiga pilihan untuk menentukan siapa saja yang bisa memasukkan kamu ke dalam grup, yakni Semua Orang (Everyone), Kontak Saya (My Contacts), atau Kontak Saya Kecuali (My Contact Except). 

Bila memilih Kontak Saya, berarti hanya pengguna yang terdaftar dalam daftar kontak kamu yang dapat menambahkan ke dalam grup.

Namun, ketika memilih semua orang, maka siapa pun meski tidak ada di daftar kontak telepon bisa mengundang kamu masuk ke dalam grup.  (Foto: screenshot)

Pilihan My Contacts Except... artinya tidak semua kontak bisa memasukkan ke grup, tapi ada beberapa nomor yang bisa kamu kecualikan. (Foto: screenshot)

Dalam pilihan Kontak Saya Kecuali akan muncul daftar kontak kamu untuk memilih siapa saja kontak yang ingin diblokir. Nantinya, kontak yang kamu blokir tersebut tidak akan bisa memasukkan kamu ke dalam grup secara otomatis. Jika sudah menentukan daftar yang akan diblokir, klik tanda centang warna hijau yang ada di bawah kanan untuk disimpan. (Foto: screenshot)

Nah, ketika nomor kontak yang diblokir ingin mengundang kamu, ia akan menerima pesan 'tidak bisa menambahkan (kontak), kamu bisa mengundangnya secara pribadi untuk bergabung ke grup' sehingga ia harus memilih 'mengundang ke grup (invite to group' yang dikirim secara pribadi. (Foto: screenshot)

Kamu pun sebagai penerima undangan grup akan menerima pesan apakah ingin bergabung atau tidak. (Foto: screenshot)

Dan jika sudah lewat tiga hari, undangan tersebut akan hilang. (Foto: screenshot)

Sayangnya, fitur ini belum bisa menghilangkan notifikasi jika pengguna keluar dari grup. Banyak yang menantikan WhatsApp menghadirkan fitur tanpa notifikasi tersebut. Kita tunggu saja. (Foto: screenshot)

(/)