Potret Ular Berkaki di Dunia Nyata

Potret Ular Berkaki di Dunia Nyata

Pool - detikInet
Sabtu, 05 Okt 2019 20:43 WIB

Jakarta - Ular berkaki di Riau diduga cuma ular biasa yang alat kelaminnya keluar. Namun ilmuwan punya fakta lain, memang ada hewan seperti ular berkaki di alam nyata.

Ular 'berkaki' di Riau hanyalah ular biasa yang keluar alat kelaminnya. Tapi di dunia nyata ini, ilmuwan membuktikan memang ada hewan seperti ular tapi berkaki (Richard Leathers/iNaturalist)

Hewan ini adalah kadal ular, yang ini ditemukan di Bogor. Nama latinnya adalah Lygosoma quadrupes (Akhsan Baihaqi/iNaturalist)

Para ilmuwan menyebutnya dalam bahasa Inggris sebagai Short-limbed Supple Skink atau Linnaeus' Writhing Skink. Ini juga kadal ular yang ditemukan di Bogor (Ramdani/iNaturalist)

Menurut The Reptile Database, kadal ular kecil habitatnya di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Namun 'ular berkaki' ini juga dilaporkan ditemukan di Australia (iStock)

Disebutkan kalau habitat utamanya ada di Pulau Jawa. Inilah kadal ular yang ditemukan di Sleman (Hendriyanto/detikcom)

Kadal ular yang ditemukan di Sleman. Biasanya ukuran tubuhnya 5-16 cm, kakinya sangat pendek, tubuhnya sangat panjang. (Hendriyanto/detikcom)

Kalau bergerak meliuk-liuk sehingga dikira ular. Tapi hewan ini tidak berbahaya (Hendriyanto/detikcom)

Ukuran hewan unik ini hanya sepanjang telapak tangan (Wikipedia)

Kemunculan hewan ini seringkali bikin heboh di media sosial. Banyak yang menyangkanya sebagai ular berkaki (Screenshot Instagram)

Kadal ular ini sebenarnya menjauhi manusia. Namun terkadang kita menjumpainya di kebun atau ladang, biasanya di pedesaan (Screenshot Instagram)

(/)