Ragam Produk Microsoft yang Gagal atau Sudah Dimatikan

FotoINET

Ragam Produk Microsoft yang Gagal atau Sudah Dimatikan

Istimewa - detikInet
Rabu, 26 Jun 2019 06:59 WIB

Jakarta - Bill Gates baru mengungkap sebuah kegagalan masa lalu yang masih bikin dirinya menyesal. Microsoft sendiri sebenarnya punya sejumlah produk yang dinilai gagal.

Zune. Usai dirilis tahun 2006, penjualan Zune sebenarnya terlihat cukup lumayan (1,2 juta di 2007 dan 2 juta di 2008). Tapi pemutar musik portable ini tetap dianggap gagal karena punya iPods sebagai saingan yang amat berat. (Foto: Getty Images)

Kin. Pernah tahu lini ponsel Microsoft dengan nama Kin? Mungkin tidak karena lini perangkat yang dibuat oleh Sharp dan dijual lewat Verizon ini sudah langsung discontinue tahun 2011, sekitar satu tahun usai rilis. (Foto: internet)

Windows Mobile/Windows Phone/Windows 10 Mobile. Windows Mobile meluncur tahun 2000 sebagai OS mobile pertama dari Microsoft untuk smartphone dan Pocket PC tapi dirontokkan iOS dan Android. Nasib kedua suksesornya pun tak jauh beda. (Foto: Getty Images)

Microsoft Band. Versi 1 perangkat wearable ini rilis tahun 2015 dengan versi berikutnya menyusul setahun kemudian, bersamaan dengan Apple Watch. Microsoft Band lantas dimatikan sebelum versi 3 rilis. (Foto: Dok. Microsoft)

Microsoft Spot. Smart Personal Objects Technology (SPOT) merupakan cara Microsoft menghubungkan sejumlah perangkat berbasis internet dengan satu gadget semacam arloji pintar. Tapi biaya bulanan USD 60 jadi salah satu alasan layanan ini jeblok. (Foto: Microsoft.com)

Microsoft Bob. Program yang dibuat pada 1995 ini sejatinya dirancang membuat antarmuka grafis Windows 3.1 dan Windows 95 jadi lebih ramah buat pengguna. Usai dikritik habis karena dianggap minim faedah, Bob dimatikan tahun 1996. (Foto: internet)

MSN. Jauh sebelum era, katakanlah, Facebook dan WhatsApp sebenarnya Microsoft juga sudah punya jejaring serupa yakni MSN. Cukup dikenal di AS, MSN yang rilis 1995 ini punya segudang layanan walaupun akhirnya tutup usia pada 2012. (Foto: internet)

Windows ME. Rilis tahun 2000, ME rutin disebut-sebut sebagai salah satu OS terburuk yang pernah dibuat Microsoft. Momen kelahirannya yang diapit dua OS populer, usai Windows 1998 dan sebelum Windows XP, kian bikin ME rutin dapat cibiran. (Foto: internet)

Windows Vista. OS yang diluncurkan tahun 2006 ini rilis setelah Windows XP yang amat populer. Banyak tudingan negatif yang dialamatkan buat Vista di antaranya lelet, bikin bingung, dan minim dukungan hardware dan software yang sesuai. (Foto: Spencer Platt/Getty Images)

Microsoft Courier. Perangkat mirip tablet ini terungkap pada sebuah kesempatan di tahun 2008. Tapi bahkan sebelum dilahirkan, perangkat tersebut sudah dimatikan pada tahun 2010. Tahun yang sama ketika Apple merilis iPad. (Dok: Microsoft)

(/)