Aurora di Bumi vs di Luar Angkasa, Cantik Mana?

FotoINET

Aurora di Bumi vs di Luar Angkasa, Cantik Mana?

Istimewa - detikInet
Sabtu, 22 Jun 2019 12:26 WIB

Jakarta - Siapa bilang aurora hanya bisa dinikmati di Bumi. Astronot di luar angkasa juga bisa menyaksikannya. Kira-kira, aurora tampak lebih cantik di mana ya?

Ini merupakan penampakan dari aurora borealis di Finlandia. Foto: REUTERS/Alexander Kuznetsov.

Fenomena langit yang amat cantik ini terjadi pada akhir Februari lalu. Foto: REUTERS/Alexander Kuznetsov.

Arctic Snowhotel, Rovaniemi, menjadi kawasan yang beruntung untuk dapat bisa menjadi saksi bisu dari aurora borealis yang indah ini. Foto: REUTERS/Alexander Kuznetsov.

Foto: REUTERS/Alexander Kuznetsov.

Aurora borealis merupakan fenomena alam berupa pancaran cahaya di lapisan ionosfer di atmosfer akibat interaksi medan magnet dengan partikel bermuatan, yang kemudian dipancarkan oleh Matahari. Foto: REUTERS/Alexander Kuznetsov.

Finlandia bukan menjadi satu-satunya negara yang dapat menjadi lokasi untuk menikmati aurora borealis. Foto: REUTERS/Alexander Kuznetsov.

Potret aurora borealis, atau disebut juga sebagai cahaya utara, ini diabadikan di Islandia. Selain itu, penampakan langit ini juga dapat ditemukan di Alaska, Kanada, dan Swedia. Foto: (dok Agoda)

Kalau tadi sudah aurora di Bumi, sekarang giliran aurora di luar angkasa yang beraksi. Foto: (Instagram/nasa)

Melalui akun Instagram miliknya, NASA sempat beberapa kali membagikan foto dari cahaya yang tampak menari itu. Foto: (Instagram/nasa)

Aurora di luar negeri ini biasanya dipotret oleh astronot ketika mereka sedang menjalani misi di International Space Station (ISS). Foto: (Instagram/nasa)

Salah satunya seperti karya astronot Jack Fischer ini. Bahkan, ia mengatakan melihat aurora adalah hobinya saat senggang di ISS. Foto: (Instagram/nasa)

Tentu Fischer ada benarnya. Siapa yang tidak terpana ketika melihat pemandangan seperti ini. Foto: (Instagram/nasa)

Yang satu ini merupakan aurora borealis di atas langit Kanada. Foto: (Instagram/nasa)

Baru-baru ini, astronot Christina Koch juga membagikan foto aurora tangkapannya ketika sedang berada di ISS. Foto: NASA

Sebagai penutup, ini ada aurora jenis baru bernama STEVE. Bagaimana, lebih cantik aurora di Bumi atau di luar angkasa? Foto: REUTERS/Alexander Kuznetsov.

(/)