Potret Demonstran Hong Kong yang Tertib dan Jaga Kebersihan

FotoINET

Potret Demonstran Hong Kong yang Tertib dan Jaga Kebersihan

istimewa - detikInet
Rabu, 19 Jun 2019 12:01 WIB

Jakarta - Jutaan warga Hong Kong melakukan demo besar-besaran untuk protes terhadap RUU ekstradisi. Meski demikian demo berjalan sangat tertib dan menjaga kebersihan.

Diperkirakan ada 2 jutaan warga turun ke jalanan. Aksi demo diketahui bahwa RUU ekstradisi yang diprotes warga Hong Kong itu akan mengizinkan ekstradisi ke setiap yurisdiksi yang sebelumnya tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong, termasuk China daratan.  (Foto: Boredpanda)

RUU itu menuai protes luas dari banyak kalangan di Hong Kong, mulai dari kalangan pro-bisnis, pengacara hingga mahasiswa dan tokoh pro-demokrasi serta kelompok keagamaan. Mereka mengkhawatirkan RUU itu akan melemahkan penegakan hukum di Hong Kong. Dengan rapi para demonstran mengumpulkan botol-botol bekas minum yang kemudia diletakkan tong sampah. (Foto: Boredpanda)

Meski sedang ada ujian, para siwsa di Hong Kong ini tetap ikut demo dan masih belajar di tengah kerumunan para demonstran. (Foto: Boredpanda)

Seperti membelah lautan manusia, mobil ambulance ini diberikan jalan oleh para demonstran untuk tetap terus berjalan. (Foto: Boredpanda)

Pendemo ramai-ramai membersihkan lapangan usai demo agar kembali bersih. (Foto: Boredpanda)

Dengan menggunakan payung mereka melindungi diri dari semprotan gas air mata yang dikeluarkan oleh polisi setempat. (Foto: Boredpanda)

Para relawan menggunakan masker, kacamata serta jas hujan lalu membentuk 'tembok' manusia untuk melindungi area kesehatan untuk melakukan pertolongan pertama jikalau ada pendemo yang terluka. (Foto: Boredpanda)

Botol-botol berisi air sengaja ditinggalkan di sepanjang trotoar dan area demo lainnya sehinga pendemo yang terkena gas air mata bisa menyirami dirinya sendiri. (Foto: Boredpanda)

Para pendemo memberikan helm serta payung kepada reporter untuk melindungi dari tembakan gas air mata. (Foto: Boredpanda)

Para demonstran yang tetap rapi dan tertib membiarkan bis lewat. (Foto: Boredpanda)

Para pendemo melakukan aksi peringatan dan doa kepada salah satu pendemo yang telah meninggal dunia akibat demo tersebut. (Foto: Boredpanda)

Para reporter Hong Kong kompak memakai helm, masker mata, serta rompi guna mengekspresikan ketidakpuasan mereka terhadap aksi polisi saat demo berlangsung. (Foto: Boredpanda)

Para pendemo membersihkan sampah bahkan memilah mana saja sampah yang bisa didaur ulang ataupun yang tidak dapat digunakan lagi. (Foto: Boredpanda)

Beberapa pendemo membuat origami bentuk bunga lili sebagai bentuk duka terhadap pendemo yang telah meninggal. (Foto: Boredpanda)

Para pendemo berlari dan berkeliling untuk memadamkan api. (Foto: Boredpanda)

(/)