WhatsApp Diserang Hacker, Ini 11 Aplikasi Alternatifnya

FotoINET

WhatsApp Diserang Hacker, Ini 11 Aplikasi Alternatifnya

Istimewa - detikInet
Sabtu, 18 Mei 2019 17:01 WIB

Jakarta - WhatsApp terkena serangan hacker yang menyusupkan spyware walau memang sudah ditambal. Bagi yang ingin alternatifnya, ini beberapa pilihan yang tersedia.

1. Telegram. Aplikasi ini diluncurkan tahun 2013 oleh dua pengusaha Rusia, Nikolai dan Pavel Durov, dan sudah memiliki penggemar sendiri. Punya sejumlah fitur unik terkait privasi dan juga hemat data untuk pengiriman pesan. (Foto: Carl Court/Getty Images) 

2. Threema. Aplikasi besutan perusahaan Swiss ini juga mulai mencuri perhatian sebagai salah satu alternatif WhatsApp pada multi platform. Privasi dan keamanan menjadi salah satu aspek kunci yang ditawarkan. (Foto: threema.ch/en)

3. Viber. Aplikasi ini awalnya dibuat oleh sebuah perusahaan Israel yang kemudian menjualnya ke perusahaan raksasa Jepang Rakuten. Saat ini juga sudah basis pengguna sendiri di dunia pengiriman pesan instan dan voice over IP (VoIP). (Foto: viber.com) 

4. Wire. Dibuat oleh Janus Friis, yang terlibat dalam penciptaan Skype, aplikasi ini sudah mencuri perhatian di antaranya berkat tampilan yang segar, kualitas audio jempolan, dan klaim keamanan. (Foto: Wire.com) 

5. WeChat. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2011 di China dan awalnya bernama "Weixin". Sangat populer di negara asalnya dan sudah cukup dikenal di Indonesia. (Foto: wechat.com) 

6. Line. Aplikasi ini sudah populer di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Sejumlah fitur penting dan menyenangkan akan bikin pengguna Line betah mengeksplorasi. (Foto: Atsushi Tomura/Getty Images) 

7. Signal. Pada dasarnya Signal sangat mirip dengan Telegram, sampai-sampai ada yang menjulukinya sebagai "kloningan". Tapi fitur dan kesederhanaan Signal membuat aplikasi ini tetap layak dijajal. Siapa tahu cocok. (Foto: signal.org) 

8. Google Allo. Diluncurkan pada tahun 2016, Allo menggunakan nomor ponsel untuk mengidentifikasi pengguna. Smart reply dengan teknologi machine learning, keberadaan Google Assistant, dan mode incognito jadi beberapa andalan. (Foto: allo.google.com)  

9. Wickr Me. Salah satu aplikasi yang digadang-gadang amat menjamin privasi di antaranya karena jaminan tidak menyimpan kontak pengguna di servernya, maupun metadata. Percakapan di sini pun punya enkripsi tingkat tinggi. (Foto: wickr.com)

10. Kik. Salah satu aplikasi layanan pesan yang disenangi karena penggunanya tak perlu mendaftarkan nomor kontak. Punya antarmuka yang menyenangkan, walaupun ada kerisauan mengenai potensi celah keamanan di Kik. (Foto: kik.com)

11. KakaoTalk. Layanan dari perusahaan Korea ini cukup digemari karena sejumlah fitur dasar yang ditambah fitur lain seperti conference call sampai lima orang, polling, dan walkie talkie. (Foto: kakaocorp.com)KakaoTalk. 

(/)