Melihat Pulau Misterius yang Bikin Ilmuwan NASA Bingung

FotoINET

Melihat Pulau Misterius yang Bikin Ilmuwan NASA Bingung

NASA - detikInet
Kamis, 07 Feb 2019 12:15 WIB

Jakarta - Bumi memiliki salah satu pulau termudanya dan itu membuat ilmuwan NASA kebingungan. Apa yang membuat NASA sampai keheranan begitu sampai di lokasi pulau itu?

Pada 2015 lalu, salah satu pulau terbaru di dunia lahir dari kawah gunung berapi bawah laut. (Foto: Dok. NASA)

Pulau tersebut berada di perairan sekitar Tonga, sebuah negara kepualan yang berada sejauh 804 kilometer sebelah tenggara Fiji. (Foto: Dok. NASA)

Walau tidak ada nama resminya, ia dikenal sebagai Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, merujuk pada pulau-pulau tetangganya. (Foto: Dok. NASA)

Tim dari NASA Goddard Space Flight Center yang dipimpin oleh Dan Slayback mengunjunginya pada Oktober 2018 lalu. (Foto: Dok. NASA)

Pesisir pulau tersebut ternyata bukan diselimuti pasir seperti pantai, melainkan kerikil hitam seukuran kacang polong. (Foto: Dok. NASA)

Tanaman sudah tumbuh di sana, diperkirakan bibitnya dibawa oleh kawanan burung. (Foto: Dok. NASA)

Sejumlah burung hantu dan burung laut juga sudah tinggal di pulau tersebut. (Foto: Dok. NASA)

Ada lumpur dengan warna cerah dan terasa lengket, mirip dengan tanah liat. Ini yang membuat Slayback beserta tim bingung. (Foto: Dok. NASA)

Tim peneliti tersebut heran benda apa itu sebenarnya serta seperti apa komposisinya dan dari mana datangnya. (Foto: Dok. NASA)  

Pulau tersebut diperkirakan bakal bertahan sampai 30 tahun mendatang sebelum takluk oleh tekanan air laut. (Foto: Dok. NASA)

(/)