Deretan Robot Canggih di Pameran World Robot Summit 2018

FotoINET

Deretan Robot Canggih di Pameran World Robot Summit 2018

Reuters - detikInet
Rabu, 17 Okt 2018 16:17 WIB

Tokyo - Jepang menggelar World Robot Summit 2018 di Tokyo. Robot-robot dari seluruh dunia akan bersaing kecanggihannya untuk merebut hadiah senilai USD 875.000.

Pemerintah Jepang menggelar sebuah pameran robot bertajuk World Robot Summit 2018. Dalam pameran itu puluhan hingga ratusan robot dipamerkan dan dilombakan untuk memperebutkan hadiah senilai 100 Juta JPY atau senilai USD 875 ribu. Kim Kyung-Hoon/Reuters.

Salah satu robot yang menarik perhatian dalam pameran itu adalah robot 'Totto' yang merupakan versi robot dari penulis sekaligus publik figur terkenal Jepang bernama Tetsuko Kuroyanagi. Robot 'Totto' merupakan sebuah robot android yang memiliki penampilan dan suara menyerupai Tetsuko, robot 'Totto' pun dikabarkan akan tampil dalam drama terbaru Tetsuko Kuroyanagi yang akan mengangkat cerita tentang masa kanak-kanak sang penulis yang juga terkenal dengan judul buku Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela. Kim Kyung-Hoon/Reuters.

Selain robot android tokoh terkenal Jepang, dalam pameran World Robot Summit 2018 hadir pula sebuah robot yang dapat menjadi teman untuk bermain tenis meja. Robot bernama Forpheus itu memiliki bentuk yang satu set dengan meja olahraga tenis meja tersebut. Kemampuan bermain robot ini pun tak sembarangan sehingga para pecinta olahraga tenis meja pun dapat bermain sambil berlatih mengasah kemampuan bermain olahraga yang terkenal pula dengan sebutan pingpong tersebut. Kim Kyung-Hoon/Reuters.

Beralih ke sektor pertanian, World Robot Summit 2018 pun menampilkan robot dengan kemampuan mengolah pertanian yang mumpuni bernama SEED Solutions' Seed-Noid R7. Robot ini dikendalikan dengan remote control dan menyesuaikan gerakan sang pengguna. Kim Kyung-Hoon/Reuters.

Sejumlah robot lainnya banyak dipamerkan dalam World Robot Summit 2018 yang berlangsung di Tokyo mulai tanggal 17 Oktober hingga 21 Oktober mendatang. Kim Kyung-Hoon/Reuters.

Para pengunjung pun dapat mencoba pengalaman berinteraksi dan mengoperasikan robot-robot yang dipamerkan dalam acara tersebut. Kim Kyung-Hoon/Reuters.

Pameran robot internasional ini pun memiliki 9 kategori yang dilombakan untuk mendapatkan hadiah menarik. Berbagai kategori itu diantaranya, bagian infrastruktur, tanggap bencana dan kegiatan darurat, pekerjaan rumah tangga, pekerjaan di toko-toko, pabrik, dan lokasi lainnya serta masih banyak lagi. Kyung-Hoon/Reuters.

Salah satu alasan diselenggarakannya World Robotic Summit 2018 adalah untuk semakin meningkatkan penelitian dan pengembangan robotik tak hanya di Jepang tetapi di dunia. Pengembangan robot dianggap dapat menjadi solusi untuk membantu manusia dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari atau dalam waktu tertentu. Kyung-Hoon/Reuters.

Selain mengadakan pameran robotik, World Robot Summit 2018 pun menyelenggarkan pula seminar robotik dengan pembicara para ahli top dunia. Kyung-Hoon/Reuters.

Penyelenggaran World Robot Summit 2018 ini pun merupakan langkah awal sebelum menyelenggarakan event robotik yang lebih besar di tahun 2020 mendatang. Kyung-Hoon/Reuters.

(/)