Warisan Terakhir Paul Allen: Pesawat Terbesar Sejagat

FotoINET

Warisan Terakhir Paul Allen: Pesawat Terbesar Sejagat

Istimewa - detikInet
Selasa, 16 Okt 2018 13:00 WIB

Jakarta - Stratolaunch semakin dekat ke penerbangan perdana setelah dilakukan uji pesawat terbesar dunia itu berjalan di landasan. Inilah warisan terakhir Paul Allen.

Inilah Stratolaunch, pesawat yang disebut terbesar di dunia. Dia didanai oleh Paul Allen, pendiri Microsoft yang baru saja meninggal dunia. (Foto: Stratolaunch)

Pesawat ini baru saja menjalani uji coba berjalan di landasan di Mojave Air and Space Port di California, menjajal 6 mesinnya yang sangat kuat. (Foto: Stratolaunch)

Dalam uji coba ini, Stratolaunch sukse berjalan dengan kecepatan 40 knots atau sekitar 74 kilometer per jam.(Foto: Stratolaunch)

Pesawat ini rencananya akan diterbangkan pertama kali pada tahun 2019 mendatang. (Foto: Stratolaunch)

Perbandingan bodi Stratolaunch dengan pesawat lainnya. (Foto: Stratolaunch)

Rentang sayap pesawat ini mencapai 117 meter, lebih panjang dari sebuah lapangan sepakbola. Tinggi pesawatnya mencapai 15 meter. (Foto: Stratolaunch)

Bobot kosong mencapai 226.800 Kg. Kalau sudah diisi bahan bakar, beratnya bertambah sampai sekitar 589.670 Kg. Artinya, pesawat ini butuh avtur seberat 113.400 Kg untuk mengudara. (Foto: Stratolaunch)

Roda pesawat jika ditotal ada 28 buah. Mesinnya, ada 6. Semuanya menggunakan mesin jet Boeing 747. Kabel-kabelnya, kalau dipanjangkan bisa sampai sejauh 97 Km. (Foto: Stratolaunch)

Paul Allen membangun pesawat ini bukan untuk keperluan komersil, melainkan untuk mengangkut roket hingga ke lapisan stratosfer, untuk kemudian diluncurkan di atas sana. (Foto: Stratolaunch)

Allen meyakini, teknologi peluncuran roket di udara ini diyakini lebih murah dan efisien bila dibandingkan dengan peluncuran roket di darat. (Foto: Stratolaunch)

Pesawat ini akan dikendalikan oleh pilot, co pilot dan engineer di kokpit sebelah kanan, sementara kirinya kosong. (Foto: Stratolaunch)

Serangkaian uji coba sudah dilakukan untuk memastikan keandalannya.(Foto: Stratolaunch)

Uji coba terakhir ini dikatakan sukses. (Foto: Stratolaunch)

Stratolaunch memanaskan persaingan ke luar angkasa yang dilakukan perusahaan SpaceX, Virgin Galactic sampai Blue Origin. (Foto: Stratolaunch)

Begini kira-kira kalau Stratolaunch diterbangkan ke angkasa. (Foto: Stratolaunch)

(/)