Aksi Asimo, Robot Canggih Honda yang Dimatikan

FotoINET

Aksi Asimo, Robot Canggih Honda yang Dimatikan

is - detikInet
Jumat, 29 Jun 2018 15:51 WIB

Jakarta - Honda telah mengumumkan akan menghentikan pengembangan robot humanoid ikoniknya. Robot yang dikembangkan pada tahun 80-an berakhir sudah riwayatnya.

Asimo merupakan singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility. (Foto: GettyImages)

Honda mulai mengembangkan Asimo pada tahun 1980-an dan baru diperkenalkan ke publik pada tahun 2000. (Foto: GettyImages)

Asimo merupakan robot pertama yang bisa berjalan dengan dua kaki. Ia dapat melakukan beberapa aksi sederhana seperti mengenali obyek bergerak, menentukan jarak dan arah obyek, memahami perintah suara dan gerakan manusia, dan mampu menavigasi secara mandiri berkat sensor di dalam tubuhnya. (Foto: GettyImages)

Asimo yang sangat terkenal sering menunjukkan kemampuannya di acara televisi. (Foto: GettyImages)

Kemampuannya saat tampil bermain bola. (Foto: GettyImages)

Ia juga sering berinteraksi dengan tokoh dunia seperti foto ini selfie dengan perdana menteri Australia Malcom Turnbull saat berkunjung ke Jepang pada tahun 2015. (Foto: GettyImages)

Pada tahun 2008 Asimo menyambut kedatangan pangeran William di Museum Nasional Emerging Science and Innovation di Tokyo, Jepang. (Foto: GettyImages)

Honda sendiri tetap akan melanjutkan pengembangan robot humanoidnya, tetapi mungkin tidak menggunakan nama Asimo. Honda juga memastikan bahwa tim pengembangan robotnya masih akan aktif. (Foto: GettyImages)

Ketika ditanya oleh TechCrunch, perwakilan dari Honda mengatakan bahwa Asimo tidak akan dipensiunkan sepenuhnya. "Jauh dari pensiun, Asimo akan terus tampil di lokasi di seluruh AS untuk menginspirasi anak muda dan mendorong mereka untuk memilih karir di STEM," ujar perwakilan Honda, seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, Jumat (29/6/2018).  (Foto: GettyImages)

Untuk program robotik Honda sendiri, mereka baru saja mengumumkan empat robot konsep di event CES 2018.  (Foto: GettyImages)

Keempat robot tersebut terdiri dari robot pendamping, kendaraan off-road otonom, dan dua robot konsep untuk membantu mobilitas yang semuanya hadir dengan tampilan yang lucu dan menggemaskan. (Foto: GettyImages)

(/)