Peluncuran Roket Canggih SpaceX yang Dapat Dipakai 100 Kali

FotoINET

Peluncuran Roket Canggih SpaceX yang Dapat Dipakai 100 Kali

istimewa - detikInet
Selasa, 15 Mei 2018 11:00 WIB

Jakarta - Sempat tertunda, akhirnya SpaceX berhasil meluncurkan versi final salah satu roketnya, Block 5 Falcon 9. Roket ini diproyeksi dapat digunakan hingga 100 kali.

SpaceX berhasil meluncurkan Block 5 Falcon 9 yang merupakan versi final dari roket tersebut. (Foto: Flickr SpaceX)

Dalam percobaan peluncuran perdananya, Block 5 Falcon 9 sempat gagal meluncur hanya semenit sebelum lepas landas. (Foto: Flickr SpaceX)

Peluncuran roket baru tapi lama milik SpaceX ini bertempat di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat. (Foto: Flickr SpaceX)

Versi final dari Falcon 9 ini sudah mendapatkan sejumlah pengembangan pada kekuatan, keamanan, serta peningkatan kemampuan untuk digunakan kembali. (Foto: Flickr SpaceX)

SpaceX berharap versi Block 5 mampu digunakan dalam 10 misi beruntun tanpa perlu perbaikan yang signifikan. (Foto: Flickr SpaceX)

Setelah mencapai target tersebut, roket ini akan mendapat pembaruan untuk diterbangkan lagi hingga 10 misi berikutnya. (Foto: Flickr SpaceX)

Diharapkan, proses tersebut dapat diulang secara terus menerus dengan batas maksimum hingga 100 peluncuran tiap roket. (Foto: Flickr SpaceX)

Block 5 Falcon 9 diproyeksikan juga untuk membawa angkasawan menuju International Space Station (ISS) yang misinya bisa jadi akan dilaksanakan pada tahun ini. (Foto: Flickr SpaceX)

Untuk misi perdananya ini, Block 5 Falcon 9 berhasil membawa satelit milik Bangladesh yang bernama Bangabandhu-1 ke orbit atas Bumi. (Foto: Twitter SpaceX)

Roket ini pun berhasil mendarat kembali ke Bumi, tepatnya di droneship yang terletak di Samudra Atlantik. (Foto: Twitter SpaceX)

(/)