Melihat Kecanggihan Para Ilmuwan Ciptakan Manusia Virtual

FotoINET

Melihat Kecanggihan Para Ilmuwan Ciptakan Manusia Virtual

Getty Images - detikInet
Minggu, 13 Mei 2018 17:17 WIB

Inggris - Artificial Intelligence telah mengambil bagian dalam kehidupan manusia saat ini. Kemajuan teknologi membuat mimpi manusia yang awalnya mustahil menjadi mungkin.

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan sebuah mesin yang mampu melakukan berbagai hal yang dipandang membutuhkan kecerdasan ketika manusia melakukannya, seperti memahami bahasa secara natural, mengenali wajah dalam foto, atau mengemudikan kendaraan. Matt Cardy/Getty Images.

Berbeda dengan robot pabrik yang terus menerus melakukan hal yang berulang seperti mengemas produk, Artificial Intelligence (AI) membuka keinginan untuk menyelesaikan suatu tugas setelah melakukan pembelajaran melalui proses trial and error. Matt Cardy/Getty Images.

Ambisi manusia untuk dapat menciptakan sebuah "mesin" layaknya manusia asli membawa perkembangan AI semakin menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah proyek sebuah perusahaan robotik asal Inggris yang sedang merancang AI dengan penampilan menyerupai manusia asli. Matt Cardy/Getty Images.

Artificial Intelligence ini diberi nama Fred. Engineered Arts, perusahaan robotik tempat asal Fred diciptakan merupakan hasil percobaan dari penyempurnaan robot mereka sebelumnya. Matt Cardy/Getty Images.

Fred disebut juga sebagai Mesmer Robot. Tidak hanya menonjolkan kecanggihannya tetapi Engineered Arts juga menciptakan Fred secara detail. Matt Cardy/Getty Images.

Bentuk wajah Fred didesain layaknya seorang pria tua dengan rambut berwarna abu-abu dan kulit wajah yang mulai mengendur yang semakin memperlihatkannya seperti seorang manusia. Matt Cardy/Getty Images.

Kulit wajah Fred pun didesain dengan banyak variasi berdasar pada berbagai jenis ras manusia di dunia. Matt Cardy/Getty Images.

Proses penciptaan "Manusia Buatan" seperti Fred didasarkan juga dari proses bio-mekanis Mesmer robot. Fred diciptakan dengan sensor dan kerangka software yang lebih dari RoboThespian, sehingga membuat Mesmer robot ini memiliki kecerdasan animatronik yang lebih canggih. Matt Cardy/Getty Images.

Tidak hanya kecerdasan animatronik yang lebih baik dari sebelumnya, Fred juga mampu melakukan interaksi yang lebih luas dengan pergerakan yang lebih halus dan natural, layaknya seorang manusia sesungguhnya. Matt Cardy/Getty Images.

Dikembangkan dengan Software "Virtual Robot" milik Engineered Arts membuat Fred menjadi teman virtual paling canggih dan mirip dengan manusia asli hingga ke penampilannya. Matt Cardy/Getty Images.

Memiliki teman seperti Fred tidak lagi menjadi khayalan seperti di dalam film dan serial televisi, tetapi dapat menjadi nyata bila Fred telah selesai diciptakan dan dipasarkan di masyarakat. Matt Cardy/Getty Images.

(/)