Kumpulan Foto Hewan Aneh dan Langka yang Hidup di Bumi

FotoINET

Kumpulan Foto Hewan Aneh dan Langka yang Hidup di Bumi

istimewa - detikInet
Rabu, 25 Okt 2017 13:40 WIB

Jakarta - Deretan hewan di muka bumi ini kebanyakan belum pernah kita lihat sebelumnya. Mereka memiliki wujud dan rupa yang aneh bahkan menggelikan. Seperti apa?

Satwa laut ini bernama Red-lipped Batfish atau ikan kelelawar memiliki wajah unik terutama di bagian bibirnya yang terlihat merah merona. Jenis ini dapat ditemukan di Samudera Pasifik, Kepulauan Galapagos. Meski berjenis ikan, namun ia bukan perenang handal. Dengan menggunakan siripnya ikan kelalawar ini dapat berdiri di dasar laut dan berjalan menggunakan ujung-ujung siripnya. (Foto: Boredpanda)

Goblin Shark atau Hiu Goblin merupakan spesies hiu berasal dari Jepang jenis diini disebut juga sebagai fosil hidup karena jenis ini merupakan bagian dari keluarga Mitsukurinidae yang masih ada yang berumur 125 juta tahun. Hiu Goblin tinggal di pedalaman lebih dari 100 meter. Memiliki wujud aneh di mana bagian jidatnya menjulur panjang serta giginya yang panjang-panjang seperti monster, selain di Jepang ia dapat ditemukan di Australia hingga Samudra Pasifik, dari teluk Meksiko ke Samudera Atlantik.  (Foto: Boredpanda)

Pernah lihat semut punya bulu? ini dia berjenis Mutillidae ternyata merupakan jeni  tawon. Jadi Mutillidae adalah famili yang terdiri lebih dari 3.000 spesies tawon dan betinanya berbulu serta tak bersayap sehingga menyerupai semut yang berbulu. Jenis ini dapat ditemukan di Chili, mereka terkenal dengan sengatannya yang sangat menyakitkan. Spesies ini memiliki banyak warna salah satunya hitam dan putih yang mirip dengan motif hewan Panda. (Foto: Boredpanda)

Spesies amphibi ini disebut Atretochoana eiselti atau dikenal penis snake karena tubuhnya mirip dengan ular serta kepala yang tak memiliki mata tersebut miirp dengan alat kelamin pria. Hewan amfibi ini mempunyai habitat asli di sepanjang sungai Amazon, Amerika Selatan.  (Foto: Boredpanda)

Umbonia Spinosa, diperkirakan hewan ini adalah semacam jangkrik. Ahli ekologi mengatakan bahwa umbonia spinosa menggunakan paruhnya untuk menembus tanaman batang dan meminum getahnya. (Foto: Boredpanda)

Lowland Streaked Tenrec hewan aneh ini adalah hewan mamalia tubuhnya diselimuti duri-duri tajam berwarna kuning. Hewan ini dapat ditemukan di Madagaskar, Afrika. Tenrec adalah satu-satunya mamalia yang  diktetahui menggunakan perumusan untuk menghasilan suara seperti suara ular atau serangga. (Foto: Boredpanda)

Hummingbird Hawk-Moth atau dikenal sebagai Ngengat Kolibri. Jika dilihat sepintas jenis ini mirip dengan burung kolibri namun hewan Ngengat ini masih ada hubungannya dengan kupu-kupu. Mereka terbang dan bergerak seperti Kolibri. Sehingga mereka sering di sebut sebagai Hummingbird Moth (Ngengat Kolibri). (Foto: Boredpanda)

Glaucus Atlanticus atau dikenal dengan sebutan Naga Biru. Meski bertubuh mungil namun jenis siput ini ternyata mematikan karena memiliki racun yang ia serap dari musuhnya. Ya, hewan ini kebal racun. Sehingga ia akan memuntahkan resapan racunnya kepada musuh. (Foto: Boredpanda)

Mantis Shrimp atau Udang Mantis. Disebut mantis, karena bentuk dan sifatnya yang sangat mirip dengan belalang mantis atau lebih kenal dengan belalang sembah. Hewan ini memiliki wajah yang unik terutama di bagian matanya. Dengan matanya ia dapat melihat cahaya yang terpolarisasi dan memprosesnya dengan cara yang tidak dapat dilakukan manusia.  (Foto: Boredpanda)

Venezuelan Poodle Moth, Serangga menyengaht ini memiliki wajah imut ditemukan di Venezuela pada tahun 2009. Namun sayang belum ada informasi banyak tentang jenis ini. (Foto: Boredpanda)

Ikan ini bernama Pacu, ikan ini unik karena memiliki gigi yang mirip dengan manusia. Ikan ini adalah jenis ikan yang umum ditemukan di sungai Amazon. Namanya ilmiahnya adalah Colossoma Macropomum atau biasa disebut ikan pacu. Ikan ini masih erat hubungannya dengan ikan Piranha. Bedanya, saudaranya itu adalah ikan karnivora sedangkan Pacu adalah ikan herbivora. Mereka memakan tumbuhan.  (Foto: boredpanda)

Giant Isopod adalah jenis Kutu Raksasa hidup di dasar laut dengan pedalaman 6000 meter. Giant Isopod merupakan Carnivirous Crustacean yang menghabiskan waktunya untuk menggali dasar laut untuk mencari makanan, makanan yang terdapat di dasar laut sangat langka untuk didapatkan, sehingga Isopod beradaptasi untuk memakan apapun yang terjatuh dari atas. (Foto: boredpanda)

Saiga antelope (Saiga tatarica) adalah hewan yang tubuhnya mirip dengan antelope (sejenis kijang yang bertubuh kecil). Wajah hewan ini merupakan perpaduan antara wajah antelope, kambing, dan tapir. Saiga antelope hanya bisa ditemukan di sebagian pegunungan Kaukasus yang berbatasan dengan Rusia dan Mongolia. (Foto: boredpanda)

The Bush Viper jenis spsies ular dengan memiliki sisik berbentuk tanduk di atas matanya dengan panjang 60 cm. Hewan ini hidup di pepohonan hutan tropis di Afrika melakukan sebagian besar perburuannya di malam hari. (Foto: boredpanda)

The Blue Parrotfish merupakan ikan yang berhabitat di Samudera Atlantik dan lautan Karibia. Memiliki tubuh berwarna biru muda, ikan satu ini punya ukuran yang cukup besar dan bisa mencapai 1,2 meter. 80% nya ikan ini menghabiskan waktu untuk mencari makanan. (Foto: boredpanda)

Indian Purple Frog jenis katak berwarna ungu. Dapat ditemukan di India, spesies katak ini memiliki wujud unik dengan kepala yang kecil namun badannya besar. (Foto: Boredpanda)

Shoebill adalah jenis burung yang unik karena memiliki paruh berukuran besar. Hewan ini bisa ditemukan di beberapa daerah Afrika seperti Sudan, Uganda, Tanzania, dan Zambia. (Foto: Boredpanda)

Okapi adalah jenis hewan mamalia tubuhnya sangat unik karena memiliki perpaduan kepala kuda, kaki zebra, dan lidah jerapah. Okapi  termasuk dalam ordo Artiodactyla. Hewan ini memiliki hubungan dengan jerapah karena termasuk dalam keluarga Giraffidae. Jenis ini dapat ditemukan di Kongo atau Sudan. (Foto: Boredpanda)

arwhal, atau narwhale (Monodon monoceros), adalah paus bergigi berukuran sedang yang memiliki  “gading atau tanduk” yang menonjol. Ia hidup sepanjang tahun di perairan Arktik sekitar Greenland, Kanada, dan Rusia. narwhal adalah salah satu dari dua spesies hidup dari ikan paus di keluarga Monodontidae, bersama dengan ikan paus beluga. (Foto: Boredpanda)

Thorny Dragon atau dikenal dengan kadal berduri. Tubuh kadal ini dipenuhi duri-duri kerucut nan tajam, tak terkecuali kepala dan ekornya. Warna kulitnya bisa berubah-ubah, dari kuning menjadi cokelat kemerahan atau hitam, tergantung pada warna tanah yang mereka lewati. Spesies ini juga memiliki semacam kepala palsu di bahunya yang berfungsi untuk mengecoh predator. (Foto: Boredpanda)

Sea Pig atau babi laut karena wajahnya yang mirip dengan babji. Satwa laut ini tinggal di kedalaman laut hingga 1000 meter yang dapat ditemukan di Atlantik, Samdura Pasifik dan Hindia. Mereka adalah penyimpan deposit dan mendapatkan makanan dengan mengekstraksi partikel organik dari lumpur dalam laut. (Foto: Boredpanda)

(/)