Menkominfo Beberkan Tamatnya Satelit Telkom 1

FotoINET

Menkominfo Beberkan Tamatnya Satelit Telkom 1

Ari Saputra - detikInet
Rabu, 30 Agu 2017 15:33 WIB

Jakarta - Menkominfo Rudiantara bersama sejumlah pejabat Telkom menjelaskan soal tamatnya satelite Telkom 1 yang sempat mengganggu beberapa aktivitas kemarin.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sebelumnya telah membahas dengan Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga terkait persoalan satelit Telkom 1 yang mengalami gangguan beberapa waktu lalu.

Telkom 1 yang sejatinya berakhir masa operasinya pada 2018 nanti, jauh hari sudah diperkirakan tidak akan berfungsi normal kembali. 

Menurut mereka, sudah jauh-jauh hari sebelum hilang kontak, slot Telkom 1 itu akan kosong selama setahun ke depan.

Sesuai jadwal sebelumnya, Telkom baru akan meluncurkan satelit Telkom 4 pertengahan 2018 untuk menggantikan Telkom 1.

Rudiantara melanjutkan setiap perkembangan mengenai Telkom 1 harus disampaikan kepada publik. Sebab, persoalan ini dampaknya besar. Di samping itu, satelit adalah bisnis yang penuh risiko.

Menkominfo menceritakan gangguan Telkom 1 bukan karena pergeseran orbit, melainkan karena baterainya yang sudah tidak berfungsi hingga bahan bakarnya habis, sehingga keluar dari orbit.

Bila dilihat secara teknis, satelit tersebut sudah tidak bisa dipakai kembali. Solusinya harus dipindahkan sesegera mungkin, apapun konsekuensinya.

(/)