Tuntut BWF Tanggung Jawab, Black Shuttlecock Bertebaran di Medsos

Video 20Detik

Tuntut BWF Tanggung Jawab, Black Shuttlecock Bertebaran di Medsos

detikTV - detikInet
Minggu, 21 Mar 2021 16:43 WIB
Jakarta -

Didepaknya tim Indonesia dari laga All England 2021 memicu kemarahan warga Indonesia terhadap Badminton World Federation (BWF). Serangkaian bentuk protes masif disuarakan di media sosial, termasuk gambar bertuliskan 'black shuttlecock' yang meminta BWF bertanggung jawab.

Protes lewat gambar 'black shuttlecock' ini juga turut digaungkan oleh selebriti Tanah Air. Sebut saja Raffi Ahmad, Lukman Sardi, dan Rossa. Baik Raffi maupun Lukman Sardi menambahkan tulisan dalam unggahannya di Instagram itu. Bertuliskan kalimat sebagai berikut.

"Hei semua, setelah apa yang terjadi pada tim bulu tangkis Indonesia di All England 2021, ayo tunjukan dukungan dalam solidarias dengan mengunggah ini di Instagram. Pastikan kalian menandai @bwf.official sehingga mereka bisa mendengar kami. Kalian juga bisa menandai @noc.indonesia dan akun lainnya yang kalian pikir relevan. Jangan lupa gunakan tanda pagar #BWFMustBeResponsible dan #AllEngland2021," seperti dilihat di Instagram Raffi Ahmad dan Lukman Sardi yang turut mengajak followers Instagram-nya untuk mengunggah hal serupa.

Sebelumnya, tim bulu tangkis Indonesia dipaksa mundur dari pertandingan All England yang diselenggarakan di Inggris pada Rabu (17/3/2021). Padahal belum semua wakil Merah Putih bertanding. Hal ini disebabkan ada penumpang positif COVID-19 di pesawat yang ditumpangi tim Indonesia.

Selain itu, mereka juga diminta untuk melakukan isolasi terkait aturan protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah Inggris. Namun, setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak, tim Indonesia akhirnya bisa pulang lebih cepat setelah semua anggota timnas dinyatakan negatif dari COVID-19.

(/)