Momen Wahana Uni Emirat Arab Mengorbit di Mars, Ungguli AS dan China

Video 20Detik

Momen Wahana Uni Emirat Arab Mengorbit di Mars, Ungguli AS dan China

detikTV, detikTV - detikInet
Rabu, 10 Feb 2021 10:45 WIB
Jakarta -

Uni Emirat Arab (UEA) mengukir sejarah karena berhasil menyambangi orbit Planet Mars. Dengan wahananya yang bernama Hope. Hope tiba lebih dulu dari China dan AS.

Misi Hope diterbangkan pada 20 Juli 2020 dari Stasiun Luar Angkasa Tanegeshima Jepang. Dari perencanaan awal misi ini khusus untuk menyelidiki Planet Mars. Ini adalah misi antarplanet pertama yang dilakukan oleh negara Arab.

Wahana Hope menembus orbit mars, di saat ada dua misi yang sama ke planet yang berjarak 62 juta kilometer dari bumi tersebut. Dua misi lainnya adalah Perseverance milik NASA, Amerika Serikat, serta Tianwen-1 dari China.

Selain mengungguli Amerika Serikat dan China, Badan Antariksa UEA mampu menyingkat waktu penyiapan misi. Umumnya misi Mars memakan waktu sekitar 10 tahun, untuk perencanaan dan perancangan. Namun, UEA bisa mewujudkannya dalam selang 7 tahun.

Detik-detik Hope tiba di Planet Mars disiarkan langsung oleh sejumlah media Uni Emirat Arab. Bahkan, di Kota Dubai warga menyaksikannya langsung lewat layar besar di depan Burj Khalifa.

Publik Uni Emirat Arab begitu antusias menyambut misi saintifik tersebut. Bahkan, belakangan sejumlah bangunan dan monumen terkemuka di negara kaya minyak itu, menghadirkan nuansa warna merah untuk menghormati Mars, planet merah.

Wahana Hope mengorbit di Mars selama satu tahun, atau setara dengan 687 hari di Bumi. Lewat Hope, peneliti UEA mengumpulkan data tentang atmosfer planet merah tersebut.

Pemerintah UEA memproyeksikan pembuatan peta penuh pertama atmosfer Planet Mars. Peta itu rencananya dibuat dengan bantuan tiga instrumen khusus, berupa kamera untuk memotret Mars dan mempelajari atmosfer bawahnya, spektrometer ultraviolet yang akan mendeteksi tingkat karbon monoksida dan oksigen planet, serta spektrometer inframerah yang akan mengukur debu, awan es, dan air.

(/)