Global IPv6 Summit Dihadiri 300 Peserta

Laporan dari Taipei

Global IPv6 Summit Dihadiri 300 Peserta

- detikInet
Selasa, 02 Sep 2008 07:27 WIB
Taipei - Global IPv6 Summit tahun 2008 dibuka Senin (1/9/2008) pagi di Taipei, Taiwan. Acara tahunan yang selalu digelar untuk memaparkan 'progress IPv6 Deployment' ini diselenggarkan bersama oleh TWNIC (Taiwan Network Information Centre) dan IPv6 Forum.

Bertempat di National Taiwan University Hospital (NTUH) International Convention Centre, acara dimulai dengan sambutan dari Fei-Pei Lai, Chairman of The Board TWNIC. Berikutnya, Dirjen Postel dari negara yang punya sebutan Formosa ini, Tien-Lai Teng, juga ikut memberikan sambutan, khususnya kepada tamu-tamu dan pembicara acara ini yang datang dari seluruh dunia.

Latif Ladid, Presiden IPv6 Forum Internasional, menutup rangkaian sambutan pada pembukaan ini, dan mengharapkan para peserta dapat menggali ilmu dari para pembicara terkenal yang hadir, serta berbagi pengalaman dari masing-masing negara dalam upaya pengembangan dan penggelaran IPv6.

Acara tahunan yang dihadiri tak kurang dari 300 orang peserta ini, memang berkelas dunia, paling tidak dilihat dari para pembicaranya. Sebut saja Hiroshi Esaki, pakar IPv6 dari Jepang pengagas MPLS (Multi Protocol Label Switching). Kemudian ada juga Vinton G Cerf, Bapak Internet yang saat ini menduduki jabatan Vice President Google.

Tak ketinggalan ada Tony Hain, Senior Tehnical Leader, IPv6 Technologies Cisco System, dan masih banyak lagi pembicara lainnya. Diharapkan dengan sharing dari para pembicara terkenal ini, wawasan para peserta dapat ditingkatkan. Dan akan klop jika dilengkapi pengalaman dari berbagai negara, dalam upayanya menggelar IPv6 di negara masing-masing.

Informasi lengkap tentang even internasional ini, dapat diakses di http://www.ipv6.org.tw/summit2008/En/Index.htm, sementara info tentang para pembicara dapat diakses di http://www.ipv6.org.tw/summit2008/En/Speaker.htm.

Penulis, Edwin Purwandesi,  adalah Asisten Manager di bagian Pengelola Produk-produk TELKOMNet, PT TELKOM. Edwin juga merupakan Anggota Asia Pasific IPv6 TaskForce.

Foto: Persiapan acara pembukaan 2008 Global IPv6 Summit.
(wsh/wsh)