Senin, 25 Agu 2008 16:01 WIB

Webcam Pantau Planet Mars

- detikInet
Jakarta - Kata webcam bisa mengingatkan pengguna internet pada banyak hal, mulai dari pengawasan hingga pornografi. Namun webcam yang satu ini istimewa karena memantau planet mars.

Seperti dikutip detikINET dari DiscoverMagazine, Senin (25/8/2008), webcam ini disebut-sebut sebagai yang paling jauh di tata surya. Webcam ini berada di atas pesawat luar angkasa Mars Express yang mengorbit seputar planet merah Mars.

Kamera yang melayang di angkasa sejak 2003 ini awalnya digunakan untuk memastikan pemisahan modul penjelajah Beagle dari pesawat angkasa yang membawanya. Kemudian ia sempat dimatikan sebelum akhirnya dinyalakan kembali pada 2007.

Kamera tersebut menghasilkan pencitraan yang tidak ilmiah atau disebut juga 'pandangan wisatawan', ini karena data yang dihasilkan tak cukup untuk analisa ilmiah. Namun citra yang dihasilkan kamera tersebut memang istimewa, darinya bisa didapatkan gambar mars dalam berbagai posisi, termasuk posisi sabit dengan matahari terbit di belakang Mars.

Di situs European Space Agency (ESA), gambar tangkapan kamera Mars Express itu ditayangkan. Beberapa bahkan telah dianimasikan untuk memberi gambaran Mars sedang berputar.

Pihak ESA pun mengundang segenap pengguna internet untuk ikut membantu pengolahan gambar dari kamera Mars Express. "Apa yang Anda lihat? Bagian permukaan Mars mana yang sedang ditampilkan? Adakah fitur geografis yang nampak?" adalah sebagian pertanyaan yang diharapkan tim Mars Express bisa dijawab para pengguna internet.

Tertarik untuk menjawabnya? Lihat saja situsnya di www.esa.int/SPECIALS/VMC/.

(wsh/dwn)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed