Rabu, 11 Jun 2008 08:36 WIB

Radiasi Ponsel Bisa Mematangkan Popcorn?

- detikInet
Jakarta - Bahaya radiasi yang dikeluarkan ponsel masih terus menjadi kontroversi. Belakangan, beredar video yang menunjukkan radiasi ponsel bisa mematangkan popcorn. Benarkah?

Ternyata, seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Rabu (11/6/2008), video yang beredar di YouTube itu hanya tipuan belaka. Total ada empat klip yang diposting di situs berbagi video tersebut.

Semua klip tersebut memperlihatkan butir-butir jagung yang meletup menjadi popcorn setelah beberapa saat diletakkan di dekat ponsel yang berdering. Tentu saja hal ini terdengar mustahil, mengingat bahwa ponsel tidak menghasilkan panas yang cukup untuk memasak popcorn.

Video ini menjadi hits di internet. Namun para pengunjung yakin bahwa video ini hanya hoax (tipuan). Muncul dugaan bahwa klip-klip tersebut merupakan bagian dari kampanye iklan.

Video tersebut pun terkesan amatir dan dipaksakan. Pasalnya, setting tempat keempat klip tersebut mirip, dan diambil dengan pola gerakan kamera yang sama. Walaupun seolah-olah dibuat oleh sekelompok orang yang berasal dari negara yang berbeda-beda, termasuk Amerika Serikat, Perancis, dan Jepang, klip-klip ini diposting oleh orang yang sama.

Namun, muncul keraguan pula bahwa klip ini merupakan bagian dari kampanye marketing. Jika benar, siapa yang berada di belakangnya. Perusahaan mana yang bersedia menjalin kontrak untuk video amatir semacam itu.

Percaya? Nggak Percaya? Ngobrol dong di detikINET Forum


(faw/wsh)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed