Kamis, 13 Mar 2008 14:01 WIB

Wikipedia Terancam Bangkrut?

- detikInet
California - Situs Wikipedia disukai begitu banyak orang. Namun dikabarkan, situs ilmu pengetahuan itu kini sedang mengalami krisis keuangan.

Semuanya berawal dari pengakuan Jeffrey Merkey, mantan Chief Scientist perusahaan software Novell. Ia mengemukakan telah membayar pendiri Wikipedia, Jimmy Wales sebesar US$ 5000 untuk mereka ulang entri miliknya di Wikipedia.

Merkey menegaskan, ia membayar agar Wales menggunakan pengaruhnya untuk mengubah entrinya dan memproteksinya agar sulit diutak-atik lagi oleh publik.

Meski Wales membantahnya, tak urung hal ini membuat Wikipedia dianggap terancam bangkrut. Pasalnya, hanya demi beberapa ribu dollar, Wales bersedia 'diperintah' pihak lain. Apalagi menurut media Los Angeles Times, berbagai perabotan di kantor Wikipedia berharga sangat murah.

Solusinya, Wikipedia pun disarankan memanfaatkan kepopuleran situsnya sebagai media iklan online. Namun dilansir United Press International dan dikutip detikINET, Kamis (13/3/2008), pihak Wikipedia bersikukuh tak akan menempuh langkah itu.

Sue Gardner, Direktur Eksekutif Wikipedia mengaku memang sedang mencoba untuk menjadikan Wikipedia lebih serius dalam berbisnis. Namun Sue menegaskan, upaya ini tidak akan mengganggu misi utama Wikipedia dalam menyediakan ilmu pengetahuan secara cuma-cuma.


(fyk/fyk)