Bill Gates Minta Elon Musk Jangan ke Mars: Uangnya Mending untuk Vaksin

Bill Gates Minta Elon Musk Jangan ke Mars: Uangnya Mending untuk Vaksin

ADVERTISEMENT

Bill Gates Minta Elon Musk Jangan ke Mars: Uangnya Mending untuk Vaksin

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 05 Feb 2023 08:01 WIB
Bill Gates
Bill Gates Minta Elon Musk Jangan ke Mars: Uangnya Mending untuk Vaksin Foto: AFP via Getty Images/MANDEL NGAN
Jakarta -

Bill Gates mempertanyakan prioritas Elon Musk yang lebih memilih mengirimkan manusia ke Mars ketimbang menyelesaikan masalah di Bumi, seperti menyediakan vaksin.

Dalam wawancara dengan BBC, Gates ditanya apakah menurutnya Musk adalah seorang filantropis. Menurut pendiri Microsoft tersebut, saat ini Musk bukan termasuk filantropis tapi bisa saja berubah di masa depan.

"Hal seperti Tesla memiliki dampak yang positif, meskipun bukan bentuk filantropi. Saya pikir suatu hari nanti ia akan bergabung dengan jajaran orang dermawan menggunakan kecerdikannya," kata Gates, seperti dikutip dari CNBC, Minggu (5/2/2023).

Gates kemudian mempertanyakan mimpi Musk untuk mendirikan koloni manusia di Mars. SpaceX, perusahaan luar angkasa milik Musk, memang sedang gencar-gencarnya membangun roket dan pesawat luar angkasa yang ditujukan untuk mengirimkan manusia ke Planet Merah.

Menurut Gates, pergi ke Mars bukan cara yang tepat untuk menghamburkan uang. Ia menambahkan uangnya lebih baik digunakan untuk mendanai proyek pengembangan vaksin ketimbang pergi ke Mars.

"Pergi ke Mars sebenarnya cukup mahal. Anda bisa membeli vaksin campak dan menyelamatkan nyawa banyak orang dengan seribu dolar per satu nyawa yang diselamatkan," kata Gates.

"Itu bisa mengajarimu. Jangan pergi ke Mars," imbuhnya.

Dalam wawancara yang sama, Gates juga buka-bukaan soal namanya dicatut dalam teori konspirasi terkait vaksin dan COVID-19. Pria berkacamata ini mengaku terkejut melihat banyak orang mengira ia mengambil untung dari pandemi, atau bahkan jadi orang yang memulainya.

"Selama pandemi, ada puluhan juta pesan yang mengatakan saya menyebabkan (pandemi), atau saya melacak orang-orang. Benar saya terlibat dengan vaksin, tapi saya terlibat dengan vaksin untuk menyelamatkan nyawa," ujar Gates.

"Pesan-pesan ini jadi membalik hal itu. Saya pikir orang-orang mencari 'hantu' di balik tirai, penjelasan yang terlalu sederhana. Kedengkian lebih mudah dipahami daripada biologi," pungkasnya.



Simak Video "Bill Gates Pilih Android Daripada iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT