Luhut: Semua Kebijakan Saat COVID-19 Pakai Studi Cepat

Luhut: Semua Kebijakan Saat COVID-19 Pakai Studi Cepat

ADVERTISEMENT

Luhut: Semua Kebijakan Saat COVID-19 Pakai Studi Cepat

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 07 Des 2022 11:50 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di Acara Google
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Masa awal pandemi COVID-19, bisa dibilang kita semua berada di masa kegelapan. Di saat itu, pemerintah harus bisa membuat kebijakan guna menyelamatkan bangsa Indonesia dari kebingungan yang melanda.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan dalam acara Google for Indonesia, Rabu (7/12/2022), betapa besarnya upaya pemerintah memberikan solusi dari setiap segmen. Segmen tersebut mulai dari ekonomi hingga kesehatan masyarakat.

"Kalau lihat sekarang, waktu COVID-19 selalu dikritik harus gini, harus gitu. Padahal kita buat strategi dengan studi cepat bersama Google, NASA, NOAA, untuk pengendalian COVID-19," ujar Luhut.

Dampaknya kata Luhut adalah ekonomi Indonesia yang kuat, angka utang pemerintah yang rendah hingga tingkat inflasi yang rendah.

Selain itu, dari pembelajaran sambil jalan, pemerintah menyadari bahwa digitalisasi dan pengembangan industri teknologi sangat dibutuhkan di masa pandemi. Ini tercerminkan dari data ekonomi digital yang luar biasa.

Dari ekonomi internet, Indonesia sudah menyentuh USD 77 miliar di tahun 2022. Diprediksi pada tahun 2025, angka ini akan naik hingga mencapai nilai USD 130 miliar.

Sementara untuk seluruh sektor, mengalami kenaikan hingga double digit dengan dipimpin oleh para pelaku e commerce yang angkanya menyentuh USD 59 miliar per 2022. Diperkirakan, e-commerce akan menyumbang USD 95 miliar untuk ekonomi digital Indonesia di tahun 2025 mendatang.



Simak Video "Luhut Tegas Peringatkan AS: Jangan Ganggu Pertumbuhan Ekonomi RI! "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT