Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas, Netizen Ramai-ramai Kirim Doa

Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas, Netizen Ramai-ramai Kirim Doa

ADVERTISEMENT

Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas, Netizen Ramai-ramai Kirim Doa

Tim - detikInet
Minggu, 04 Des 2022 12:01 WIB
Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru terpantau dari CCTV Pos Pantau PVBMG pukul 06.30 WIB, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12).
Foto: Doc BNPB
Jakarta -

Gunung Semeru kembali mengalami erupsi hingga memuntahkan awan panas. Netizen pun ramai-ramai mengirim doa lewat media sosial untuk keselamatan warga sekitar.

Erupsi terjadi pada Minggu (4/12/2022) dini hari pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu 1.500 meter di puncak gunung dengan ketinggian sekitar 5.176 meter di atas permukaan laut.

Awan panas guguran (APG) yang dikeluarkan berlangsung terus menerus hingga pukul 06.00 WIB dengan jarak luncur mencapai 7 km dari puncak ke arah Besuk Kobokan ke arah tenggara dan selatan.

"Berdasarkan pantauan CCTV Semeru, fenomena APG terus berlangsung hingga pagi ini pukul 07.42 WIB dengan jarak luncur bervariasi antara 5 sampai 7 kilometer. Saat siaran pers ini dibuat, fenomena APG Gunung Api Semeru masih berlangsung," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Minggu (4/12/2022).

Warga di dua desa di Kabupaten Lumajang pun dievakuasi sementara di titik kumpul yang telah ditentukan. Dua desa itu adalah Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, dan Desa Sumber Wuluh, Candipuro.

Menanggapi berita tersebut, netizen pun langsung mengirimkan doa untuk keselamatan warga sekitar. Apalagi erupsi yang terjadi kali ini juga bertepatan dengan erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Desember tahun lalu.

"Ternyata erupsi gunung tersebut bertepatan dengan 1 tahun erupsi gunung Semeru, Stay safe and stay strong masyarakat di sekitar gunung Semeru 🙏," kata @hafizraihan7384 di Twitter.

"Btw erupsi Semeru udah terlihat sejak hari jum'at.. stay safe rek 🙏," ujar @tajirxmelintir.

"Taun kemarin semeru juga erupsi di tgl 4 setaun berlalu erupsi lagi, mandali gusti 🙏," ucap @mfashsidiiq.

Menurut pantauan detikINET pada Minggu (4/12/2022) siang, Semeru masuk ke daftar trending topic Twitter dengan lebih dari 6.400 cuitan. Selain menyampaikan doa, netizen juga mengungkap kesedihannya melihat deretan bencana tidak berakhir sejak gempa bumi di Cianjur pada akhir bulan lalu.

"Gempa cianjur, gempa garut sekarang Gn. Semeru erupsi, udah ya cukuppp," cuit @TenangkalemLer.

"Gempa Cianjur.. gempa Garut.. skrg erupsi gunung Semeru Ibarat tali yg ujungnya di goyang mk ujung lainnya ikutan bergoyang," kata @sensus_888.

"Ya tuhaaannn belum lama kejadian cianjur ini udh disusul semeru , semoga yg disana baik2 aja," ucap @RGitranaila.



Simak Video "Penampakan Gunung Semeru Erupsi Setinggi 500 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT