GoPay Jadi Dompet Digital yang Banyak Dipakai di Indonesia

GoPay Jadi Dompet Digital yang Banyak Dipakai di Indonesia

ADVERTISEMENT

GoPay Jadi Dompet Digital yang Banyak Dipakai di Indonesia

Dea Duta Aulia - detikInet
Selasa, 29 Nov 2022 14:40 WIB
Research Director InsightAsia, Olivia Samosir (kiri), Economist & Researcher Universitas Indonesia, Fithra Faisal (tengah) saat sesi talkshow di Press Conference 2023 E-Wallet Industry Outlook.
Research Director InsightAsia, Olivia Samosir (kiri), Economist & Researcher Universitas Indonesia, Fithra Faisal (tengah) saat sesi talkshow di Press Conference 2023 E-Wallet Industry Outlook. (Foto: InsightAsia)
Jakarta -

InsightAsia menyebutkan GoPay merupakan dompet digital yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia di tahun 2022. Hal tersebut tertuang dalam riset yang bertajuk 'Consistency That Leads: E-Wallet Industry Outlook 2023'.

Research Director InsightAsia Olivia Samosir mengatakan riset tersebut juga membuktikan bahwa teknologi dompet digital semakin banyak disukai oleh masyarakat Indonesia kalau dibandingkan dengan metode pembayaran tunai atau transfer bank.

"GoPay sebagai platform dompet digital yang secara konsisten paling banyak digunakan oleh konsumen, sejak lebih dari 5 tahun terakhir sampai saat ini. Sebagian besar pengguna dompet digital pernah menggunakan GoPay (71%) dan terus setia menggunakan sampai saat ini (58%)," kata Olivia dalam keterangan tertulis, Selasa (29/11/2022).

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, maka kepuasan GoPay tergolong lebih tinggi yakni 84% dari konsumen. Tingginya kepuasan tersebut tidak terlepas dari kemudahan yang dihadirkan oleh dompet digital.

Menurutnya, hal itu juga dipengaruhi oleh beragam fitur seperti transfer uang, riwayat transaksi, dan pay later yang kerap hadir di dompet digital.

"InsightAsia juga menemukan kecenderungan penggunaan dompet digital telah berkembang dari sekadar pembayaran ke pengelolaan uang seperti transfer uang, menyediakan riwayat transaksi, dan fitur bayar belakangan atau pay later," jelasnya.

Lebih detail, ada sejumlah fitur favorit yang kerap digunakan oleh pengguna dompet digital yakni untuk belanja di e-commerce, top-up pulsa, transfer uang, dan lainnya.

"Ada 10 macam penggunaan dompet digital, paling besar adalah belanja di e-commerce, kemudian top-up pulsa telepon seluler, diikuti oleh transfer uang dalam platform, melihat riwayat transaksi, transfer bank, pesan kuliner, pembayaran tagihan, pembayaran offline pengeluaran rumah tangga, dan pay later," jelasnya.

Ia menyebutkan ada sejumlah faktor yang menyebabkan sebuah brand dompet digital bisa memimpin pasar, salah satunya yakni keamanan pengguna. Saldo para pengguna harus mampu terlindungi dengan baik sehingga kepercayaan mereka terhadap suatu brand dompet digital mampu meningkat.

"Terdapat lima faktor pendorong utama yang memungkinkan brand dompet digital berhasil memimpin pasar, yaitu aman digunakan dan memastikan saldo konsumen terlindungi, mudah sekaligus nyaman digunakan dalam bertransaksi, bebas limit penggunaan bulanan dan dapat digunakan untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari secara maksimal. Kemampuan memenuhi kebutuhan-kebutuhan inilah yang membuat sebuah brand dapat meraih kepercayaan tertinggi dari konsumen, sebagai contohnya GoPay yang memiliki tingkat loyalitas tinggi," tutupnya.

Sebagai informasi tambahan, survei tersebut melibatkan 1.300 responden dan dilaksanakan di 7 kota besar di Indonesia meliputi Jabodetabek, Bandung, Medan, Makassar, Semarang, Palembang dan Pekanbaru dari tanggal 19-30 September 2022.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT