Apa Itu Mastodon, Medsos Alternatif Warga Twitter

ADVERTISEMENT

Apa Itu Mastodon, Medsos Alternatif Warga Twitter

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 19 Nov 2022 07:45 WIB
Mastodon, media sosial alternatif Twitter
Mastodon, media sosial tempat pelarian warga Twitter. Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Jakarta -

Twitter tengah dilanda huru-hara sejak Elon Musk menjadi pemiliknya. Imbasnya banyak pengguna ramai-ramai hijrah ke media sosial bernama Mastodon, apa itu dan bagaimana menggunakannya?

Menurut Bot Sentinel, perusahaan yang kerap memantau perilaku pengguna media sosial, memperkirakan 900 ribu akun Twitter telah dinonaktifkan pemiliknya antara 27 Oktober hingga 1 November 2022. Beberapa dari mereka meninggalkan Twitter dan beralih ke Mastodon.

Pada 12 November kemarin, Pencipta Mastodon Eugen Rochko mengungkap media sosial garapannya kedatangan sejuta pengguna baru sejak Elon Musk mengambil alih Twitter pada 27 Oktober.

Kini Mastodon punya 1,6 juta pengguna aktif. Angka itu memang tidak ada apa-apanya dibanding Twitter yang kini punya 238 pengguna aktif, tapi banyak pihak berkeyakinan Mastodon akan tumbuh melesat.

Apa itu Mastodon?

Mastodon adalah layanan media sosial gratis yang fungsinya sangat mirip dengan Twitter. Anda dapat memposting "toots" (bukan tweet), mengikuti orang dan organisasi lain, dan memfavoritkan (like) dan boost (retweet) postingan dari orang lain.

Mastodon dibuat dan awalnya dirilis pada Oktober 2016 oleh Eugen Rochko, CEO dan satu-satunya karyawan di Mastodon gGmbH.

Eugen Rochko, CEO dan Pendiri MastodonEugen Rochko, CEO dan Pendiri Mastodon Foto: Telegraphindia

Rochko, seorang programmer, mulai mengembangkan Mastodon saat berada di Universitas Friedrich Schiller di Jerman. Kala itu muncul desas-desus tentang pengambilalihan Twitter oleh Peter Thiel, yang bersama Musk membantu menciptakan PayPal.

"Seorang miliarder sayap kanan akan membeli utilitas publik de facto yang bukan milik publik," kata Rochko kepada Reuters.

"Sangat penting untuk memiliki platform komunikasi global ini di mana Anda dapat mempelajari apa yang terjadi di dunia dan mengobrol dengan teman Anda. Mengapa itu dikendalikan oleh satu perusahaan?" katanya.

Rochko sendiri awalnya adalah pengguna aktif Twitter. Namun dia mengaku semakin "tidak puas dengan Twitter, perusahaan, dan platform" karena perubahannya.

"Hal itu membuat saya menyadari bahwa metode untuk mengekspresikan diri secara online terlalu penting untuk dilakukan oleh satu perusahaan yang dapat melakukan apa pun yang diinginkannya tanpa bantuan apa pun." katanya kepada Forbes.

Karena itu alih-alih terpusat, Mastodon terdiri dari ribuan jejaring sosial, semuanya berjalan di server yang berbeda atau instance, namun dapat berkomunikasi satu sama lain melalui sistem yang disebut Fediverse, yang merupakan singkatan dari "federated universe".

Fediverse juga berisi jejaring sosial lain seperti PeerTube untuk video, Funkwhale untuk musik, PixelFed untuk foto, NextCloud untuk file dan Truth Social , jaringan sosial mantan presiden AS Donald Trump.

Mastodon bersifat open source berarti kode sumber aslinya tersedia untuk umum dan dapat didistribusikan ulang serta diubah. Orang-orang dapat berkontribusi pada kode yang mendasari Mastodon dengan menemukan dan memperbaiki bug, menambahkan fitur baru, dan menerjemahkan antarmukanya ke bahasa yang berbeda.

Jadi siapa pun dapat membuat versinya sendiri dari Mastodon, yang dikenal sebagai server, dengan peraturan dan regulasi yang hanya berlaku untuk versi tersebut.

Mastodon, media sosial alternatif pengguna TwitterMastodon, media sosial alternatif pengguna Twitter Foto: SOPA Images/LightRocket via Gett/SOPA Images

Cara Bergabung dengan Mastodon

Mastodon dapat digunakan melalui browser web atau melalui aplikasinya untuk perangkat iPhone dan Android.

Untuk bergabung dengan Mastodon, kamu mendaftar akun di server. Server ini akan menjadi rumah bagi akun, profil, dan feeds kamu.

Server dapat didasarkan pada lokasi geografis, minat subjek, latar belakang profesional, atau secara harfiah apa pun yang dapat dipikirkan oleh administrator.

Dua dari server Mastodon terbesar, alias instans, adalah mastodon.social -- server resmi proyek Mastodon -- dan mstdn.social , meskipun keduanya menghentikan sementara pendaftaran.

Jangan terlalu khawatir tentang server mana yang kamu pilih -- kamu dapat bergabung sebanyak yang kamu mau dan keluar atau berpindah server kapan saja. Dan kamu dapat mengikuti orang-orang di seluruh server, jadi memilih satu tidak menghalangi kamu untuk berkomunikasi dengan mereka yang ada di server lain.

Seperti akun email, nama pengguna Anda menyertakan nama server itu sendiri. Misalnya, kemungkinan nama pengguna di Mastodon Social adalah detikinet@mastodon.social.

Setelah mendaftar untuk sebuah akun, kamu dapat memposting toots dan boost.

Selanjutnya >>> Perbedaan dengan Twitter?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT