Google Doodle Rayakan Hari Angklung Sedunia 16 November 2022

Google Doodle Rayakan Hari Angklung Sedunia 16 November 2022

ADVERTISEMENT

Google Doodle Rayakan Hari Angklung Sedunia 16 November 2022

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 16 Nov 2022 06:45 WIB
Google Doodle Hari Angklung Sedunia 16 November 2022
Google Doodle Hari Angklung Sedunia 16 November 2022. Foto: Google
Jakarta -

Google Doodle merayakan Hari Angklung Sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 November. Sebuah doodle animasi anak-anak bermain angklung menyambut begitu laman pencarian Google dibuka.

Hari Angklung Sedunia diperingati sebagai momen bersejarah saat UNESCO menjadikan alat musik dari bambu itu sebagai warisan dunia dari Indonesia pada 16 November 2010.

"Doodle animasi hari ini merayakan Angklung, alat musik Indonesia yang terbuat dari bambu. Pada hari ini di tahun 2010, UNESCO secara resmi mendeklarasikan angklung sebagai salah satu Warisan Dunia," tulis Google dalam laman resminya.

Dijelaskan Google, angklung biasanya terdiri dari dua tabung dan sebuah alas. Pengrajin memotong bambu menjadi tabung dengan ukuran berbeda untuk menentukan nada angklung.

Ketika seorang pemain menggoyangkan atau mengetuk dasar bambu dengan lembut, instrumen menghasilkan satu nada. Karena angklung hanya memainkan satu nada, pemain harus bekerja sama untuk menciptakan melodi dengan menggoyangkan angklung mereka pada nada yang berbeda.

Kampung Angklung di CiamisKampung Angklung di Ciamis Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar

Angklung sendiriditemukan 400 tahunlalu di Jawa Barat. Penduduk desa percaya bahwa suara bambu dapat menarik perhatian Déwi Sri, dewi padi dan kemakmuran.

Setiap tahun, pengrajin terbaik desa menggunakan bambu hitam khusus untuk membuat angklung. Pada musim panen, mereka mengadakan upacara dan memainkan angklung dengan harapan dewa akan memberkati mereka dengan hasil panen yang subur.

Tim Muhibah Angklung Tur Amerika SerikatTim Muhibah Angklung Tur Amerika Serikat Foto: Istimewa

Alat musik ini masih menjadi salah satu bagian penting budaya Indonesia. Seringkali pemerintah menyelenggarakan pertunjukan Angklung untuk menyambut tamu terhormat ke Istana Kepresidenan Indonesia.

"Suara angklung yang membangkitkan semangat dapat didengar di ruang kelas di seluruh dunia karena ini adalah cara yang bagus bagi guru untuk memperkenalkan musik dan budaya Indonesia kepada siswa," kata Google.



Simak Video "Angklung Mejeng di Google Doodle Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT