Tidurnya Orang Indonesia Paling Efisien di Dunia Sejak Pandemi

Tidurnya Orang Indonesia Paling Efisien di Dunia Sejak Pandemi

ADVERTISEMENT

Tidurnya Orang Indonesia Paling Efisien di Dunia Sejak Pandemi

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 22 Okt 2022 05:45 WIB
Jakarta -

Samsung melakukan penelitian bersama National Sleep Foundation, dan meneliti kebiasaan tidur orang selama pandemi. Bagaimana hasilnya?

Dari laporan yang baru mereka rilis, pandemi COVID-19 mengubah kebiasaan tidur banyak orang. Secara garis besar, dalam penelitian tersebut disebutkan durasi tidur menjadi lebih lama selama pandemi, tidur lebih larut, bangun lebih siang, dan efisiensi tidur berkurang.

Dalam laporan tersebut Samsung menyebutkan kalau sebelum pandemi, rata-rata orang tidur pada pukul 11.58 malam dan bangun pada pukul 06.54 pagi. Sementara setelah pandemi, orang rata-rata tidur pukul 00.00 dan bangun pukul 07.02.

Durasi tidur rata-rata pun meningkat dari 6 jam 56 menit menjadi 7 jam 2 menit. Namun efisiensi tidur berkurang dari 87,86 menjadi 87,79, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Sabtu (22/10/2022).

Samsung juga memanfaatkan data dari Samsung Health untuk meneliti kebiasaan tidur lebih dalam di 16 negara. Misalnya, durasi tidur orang di Prancis -- baik sebelum ataupun setelah pandemi -- tetap yang paling lama, meski efisiensi tidurnya berkurang.

Lalu di Korea Selatan, peningkatan durasi tidurnya yang paling besar antara sebelum pandemi dengan setelah pandemi. Namun durasi tidurnya masih di bawah rata-rata dunia.

Sementara di Indonesia, yang sebelum pandemi tingkat efisiensi tidurnya paling rendah, kini posisinya diambil Vietnam. Indonesia pun mencatatkan peningkatan efisiensi tidur tertinggi antara sebelum dan sesudah pandemi.

Samsung Sleep TrackingSamsung Sleep Tracking Foto: Dok. Samsung

Perubahan rata-rata proses bangun tidur paling besar pun tercatat di Indonesia, yaitu 11 menit. Meski Indonesia masih menjadi negara dengan waktu bangun tidur yang paling pagi, baik sebelum maupun sesudah pandemi.

Pada laporan tersebut Samsung pun menyebut waktu tidur rata-rata yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah delapan jam setiap malam. Namun dari hasil penelitian tersebut, kualitas tidur juga menjadi faktor yang penting.

Jadi untuk lebih mengerti pola tidur kita, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan sleep tracking. Salah satunya menggunakan perangkat wearable seperti smartwatch selama tidur.

(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT