Lewat Kopdar, Ini Cara Gojek Bangun Komunikasi dengan Mitra Driver

Lewat Kopdar, Ini Cara Gojek Bangun Komunikasi dengan Mitra Driver

ADVERTISEMENT

Lewat Kopdar, Ini Cara Gojek Bangun Komunikasi dengan Mitra Driver

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Selasa, 11 Okt 2022 11:08 WIB
Driver Gojek
Foto: dok. Gojek
Jakarta -

Gojek rutin menggelar kopi darat atau kopdar dengan para mitra drivernya. Hal ini dilakukan agar dapat terus membangun komunikasi dua arah dengan mitra.

Senior Vice President Corporate Affairs Gojek Rubi W. Purnomo mengatakan dukungan teknologi bagi keseharian operasional mitra driver memegang peran penting dalam menentukan kelancaran seluruh proses bisnis yang melibatkan mitra driver dan konsumen pengguna ojek online (ojol) maupun taksi online.

Rubi menyebut hal terpenting yang sering terlupakan adalah pengembangan solusi teknologi ini bukanlah hasil dari sebuah proses engineering dalam pengembangan teknologi semata. Di Gojek, teknologi juga dibangun melalui empati dan komunikasi dua arah dengan mitra driver untuk semakin memahami kendala-kendala dan kebutuhan-kebutuhan mereka di dalam operasionalnya. Pemahaman akan hal-hal tersebut adalah kunci yang mendukung lahirnya solusi-solusi teknologi dari Gojek.

"Komunikasi antara Gojek dan mitra tidak hanya disampaikan satu arah tetapi juga dua arah melalui forum yang kami sebut Kopdar. Forum ini juga membahas kendala yang sering dihadapi oleh mitra di lapangan. Kami juga berkolaborasi dengan para ketua komunitas mitra driver Gojek di seluruh wilayah operasional kami, untuk menjangkau lebih banyak mitra," kata Rubi dalam keterangan tertulis, Selasa (11/10/2022).

Kopdar, kata Rubi, sudah berjalan sejak 2017. Kegiatan ini didasari upaya untuk terus memberikan motivasi dan apresiasi bagi para mitra driver.

Menyambut respons positif dari para mitra terhadap forum ini, kopdar kini menjadi program yang reguler dilaksanakan setiap hari oleh Gojek dan menjangkau hingga jutaan mitra driver Gojek di seluruh Indonesia. Menurut Rubi, antusiasme para mitra untuk menghadiri kopdar bahkan tidak berhenti walaupun terbentur dengan situasi pandemi COVID-19 yang menghalangi adanya kegiatan tatap muka. Selama pandemi, kopdar dilaksanakan secara daring dan diselenggarakan oleh setiap wilayah di seluruh Indonesia.

"Kami paham sekali, bahwa di balik teknologi yang secanggih apapun, komunikasi dengan mitra untuk memahami kendala-kendala di lapangan adalah dasar yang paling penting dari pengembangan solusi teknologi kami. Lewat forum ini, kami juga berdiskusi mengenai solusi yang mungkin dilakukan guna mengatasi kendala mitra," jelas Rubi.

Salah satu solusi hasil kopdar adalah penguatan program Gojek SWADAYA yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mitra. Inisiatif ini hadir sebagai kulminasi dari ragam aspirasi mitra yang direspons dan dirancang bersama dengan mitra driver.

Diskusi di dalam kopdar juga ikut menjadi forum untuk menjaring masukan di dalam pengembangan aplikasi. Fitur 'Order Searah' yang memudahkan mitra driver mendapatkan order yang searah dengan tujuan mereka, adalah salah satu contoh lain dari hasil diskusi bersama dengan para mitra driver melalui Kopdar.

Tidak hanya itu, fitur 'Biaya Parkir', peningkatan akurasi peta atau map di aplikasi mitra driver, 'Pengingat Istirahat', 'Tombol Darurat', dan fitur-fitur lainnya juga ikut dikembangkan berdasarkan hasil aspirasi yang terjaring di forum kopdar.

Di sisi lain, lanjut Rubi, forum kopdar juga dimanfaatkan oleh Gojek dan mitra driver untuk mempererat silaturahmi, terutama di tengah situasi pandemi yang memunculkan banyak tantangan. Silaturahmi hadir dalam bentuk saling berbagi pengalaman dan belajar di antara sesama mitra driver. Canda, tawa, dan kisah haru tak pelak ikut mengiringi setiap sesi kopdar.

"Kopdar memang jadi waktu yang ditunggu untuk bisa berbagi pengalaman dengan rekan-rekan sesama mitra driver," ungkap Jefry Supriyadi, pengemudi ojol yang telah menjadi mitra Gojek sejak 2015.

Menurutnya, kehadiran manajemen Gojek dalam kopdar juga menjadi nilai tambah yang memberikan saluran bagi mitra driver untuk bisa mendiskusikan solusi dari kendala-kendala yang mereka hadapi di lapangan.

Rubi menimpali Gojek menjadikan Kopdar sebagai wadah untuk ikut merayakan berbagai momen-momen membahagiakan seperti buka puasa bersama, ulang tahun Gojek, atau kegiatan-kegiatan sosial perusahaan seperti bakti sosial, ikut dilaksanakan bersama-sama dengan mitra driver melalui forum kopdar.

Dari Kopdar pula muncul berbagai kegiatan yang lebih masif seperti kopdar akbar, tabligh akbar, hingga perayaan HUT RI yang setiap tahun diselenggarakan serentak dan khidmat. Rubi mengatakan, forum Kopdar pun semakin lengkap dengan tidak hanya menjadi ruang untuk menyampaikan aspirasi namun juga menjadi ruang untuk bersosialisasi dan mempererat persahabatan para mitra.



Simak Video "Dua Wanita Tangguh Perwakilan Mitra GoTo di Panggung Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT