Dukungan untuk Privasi Farel Prayoga Usai Klarifikasi Gus Miftah

Dukungan untuk Privasi Farel Prayoga Usai Klarifikasi Gus Miftah

ADVERTISEMENT

Dukungan untuk Privasi Farel Prayoga Usai Klarifikasi Gus Miftah

Tim - detikInet
Senin, 10 Okt 2022 16:11 WIB
agama farel prayoga
Video Farel sedang sholat usai sebelumnya mengatakan agama adalah privasinya (Foto: Istimewa/Dok Pribadi)
Jakarta -

Gus Miftah sudah klarifikasi terkait menanyakan agama Farel Prayoga. Warganet tetap mendukung privasi sang penyanyi cilik itu.

Terkait dengan respons Gus Miftah, reaksi netizen Indonesia cukup beragam. Namun seperti dipantau detikINET, Senin (110/10/2022) mereka mendukung Farel menegaskan urusan agama adalah privasinya.

Dari Gus Miftah, pakar sampai netizen biasa memberikan komentarnya. Inilah beberapa di antaranya di Twitter:

"Justru saya mendorong Farel jadi hamba yang taat apapun agamanya," kata Gus Miftah lewat akun Pengajian Gus Miftah @pgmoraaji.

"Idola banget. Farel keren. Agamamu apa? Privasi. Tolong ini dinormalisasi," kata Executive Director Projectmultatuli.org, Evi Mariani di akun @evimsofian.

"Dari seorang Farel Prayoga, tidaklah PENTING menanyakan AGAMA mu apa? Yang PENTING adalah karya dan sumbangsih nyata untuk sesama, bangsa dan negara mu," kata @Tita8307***.

"Membayangkan Farel Prayoga mengutip puisi Joko Pinurbo saat ditanya tentang agamanya apa. 'Agamaku adalah air yang menghapus pertanyaanmu'," kata @ekodar***.

"Salut jawaban Farel, ranah pribadi. Jangan seperti negeri ini, semua dikaitkan dengan agama. Tidak ada jaminan kalau jalankan perintah agama akan jadi orang benar," kata @agustsur***.

"Kalo menurut saya. Mulai sekarang biasakan tidak bertanya soal agama. Itu privasi," kata @uyun***.

Seperti diketahui sebelumnya, Gus Miftah sudah memberikan klarifikasi usai polemik menanyakan agama Farel Prayoga dan dijawab sebagai ranah privat sang penyanyi. Gus Miftah membantah melakukan intervensi agama.

"Saya sampaikan ke Farel, 'Farel apapun agamamu tolong yang taat, taatlah terhadap agamamu, jadi hamba yang taat. Kamu sudah terkenal, maka kamu harus banyak berterima kasih dan bersyukur pada Tuhan.' Jadi kejadian seperti itu, bukan saya intervensi agamanya Farel," tegas Gus Miftah kepada detikcom.

Sementara itu kejutan belum berakhir. Pendamping Farel yaitu Zidni Ilman Nafia akhirnya mengungkapkan Farel adalah Muslim bukan non muslim seperti dugaan orang. Selain itu, ada video Farel iqomah dan adzan. Namun dia sekali lagi mengingatkan bahwa ini adalah privasi Farel.

Zidni menjelaskan Farel Prayoga memang sengaja tidak mengungkapkan agama apa yang dianutnya saat ditanya oleh Gus Miftah. Hal ini dilakukan untuk menghargai agama yang dianut oleh orang tuanya.

"Jadi mungkin dia itu masih apa ya, masih menghargai (agama) orang tuanya gitu. Masih ada hal yang harus dijaga," ujarnya.



Simak Video "Gus Miftah Bantah Intervensi Agama Farel Prayoga"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT