Awas! Ada Penipuan Kripto Bermodus Acara Peluncuran iPhone 14

ADVERTISEMENT

Awas! Ada Penipuan Kripto Bermodus Acara Peluncuran iPhone 14

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 09 Sep 2022 14:45 WIB
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ada seseorang melakukan live streaming di YouTube yang menayangkan wawancara lama dengan CEO Apple Tim Cook terkait kripto.

Tayangan ini adalah sebuah penipuan kripto, yang ironisnya, ditonton oleh puluhan ribu orang saat sedang ditayangkan. Padahal, tayangan penipuan seperti ini sudah sering bermunculan, dengan ciri-ciri yang sama pula.

Ciri-cirinya adalah nama live streaming dan deskripsinya dipenuhi berbagai keyword Apple. Misalnya "Apple Event Live", dan juga Ceo of Apple Tim Cook: Apple & Metaverse in 2022".

Dalam tayangan tersebut ada sebuah wawancara dengan Cook, yang sebenarnya dilakukan oleh CNN pada 2018 lalu. Tayangan tersebut juga dibumbui oleh logo Bitcoin dan Ethereum di dalam videonya, lengkap dengan tulisan "URGENT NEWS" di bagian bawahnya.

Padahal saat nama kanalnya diklik (namanya Apple LIVE), akun tersebut sama sekali tak ada hubungannya dengan Apple. Bisa saja akun tersebut adalah hasil bajakan dan kemudian dipakai untuk menayangkan aksi penipuan tersebut.

Untungnya YouTube langsung menghapus tayangan tersebut, karena melanggar aturan-aturan yang ditetapkan YouTube. Pasalnya, saat ini nama Apple sedang populer karena baru merilis jajaran produk baru, termasuk iPhone 14, dan Cook pun sedang banyak diwawancara oleh beberapa media.

Dilansir The Verge, Jumat (9/9/2022), live streaming penipuan kripto tersebut sempat masuk dalam laman rekomendasi, karena banyaknya keyword Apple yang dipakai. Sebelum ditutup, penonton live streaming tersebut sempat mencapai angka 70 ribu.

Pada saat yang sama juga ada live streaming yang diduga penipuan kripto lain yang 'menjual' nama Elon Musk. Isi tayangan tersebut wawancara terkait Bitcoin antara Musk dan Jack Dorsey, mantan CEO Twitter. Penontonnya pun cukup banyak, mencapai 10 ribu.



Simak Video "Meski Dinilai Mahal, iPhone 14 Pro Paling Banyak Dipesan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT