Telepon Presiden AS Sampai Helikopter Mars Ada di Markas Qualcomm

ADVERTISEMENT

Catatan dari San Diego

Telepon Presiden AS Sampai Helikopter Mars Ada di Markas Qualcomm

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 05 Sep 2022 06:50 WIB
Museum Qualcomm di San Diego, California, AS. Menyimpan telepon CDMA pertama, telepon Presiden AS dan helikopter Mars.
Telepon khusus untuk Presiden Amerika Serikat (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)
San Diego -

Markas Qualcomm di San Diego, Amerika Serikat menyimpan telepon milik Presiden AS sampai helikopter Ingenuity yang terbang di Mars. Yuk diintip!

Tanpa Qualcomm, tidak ada itu yang namanya ponsel. Chip yang mereka bikin melahirkan teknologi 2G sampai 5G yang kita kenal sekarang.

detikINET berkesempatan berkunjung langsung ke kantor pusat Qualcomm di San Diego, California, AS beberapa waktu lalu. Markas Qualcomm di sana adalah kumpulan banyak gedung yang tersebar dalam beberapa blok di kawasan yang lengang.

Berdiri sejak 1985, Qualcomm sudah membuat banyak teknologi dan patent penting. Semua itu bisa dilihat di Qualcomm Museum yang ada di Gedung N.

Museum ini bukan objek wisata secara umum, namun mereka kerap menerima kunjungan tamu atau karya wisata sekolah. detikINET memang datang bersama rombongan Kominfo RI. Di tempat inilah kita bisa melihat apa yang sudah diciptakan Qualcomm selama ini.

Dari halamannya saja, kita disambut prasasti IEEE Milestone. Prasasti ini untuk mengenang sejarah lahirnya Code Division Multiple Access (CDMA) pada 7 November 1989. Iya, CDMA yang itu, teknologi yang jadi cikal bakal telepon seluler.

Masuk ke lobi Gedung N, Qualcomm memamerkan 2.173 patent yang mereka miliki pada dinding besar yang disebut Patent Wall. Qualcomm mengembangkan teknologi 2G, 3G, 4G sampai 5G.

Di salah satu ruangan di lantai dasar Gedung N, kita masuk ke The Qualcomm Museum. Benda pertama yang kita lihat adalah smart car yang dikembangkan Qualcomm dengan teknologi 5G. Teknologi 5G pada smart car akan membantu navigasi mobil selain juga memberikan layanan hiburan kepada penumpangnya.

Dari situ kita akan melihat telepon seluler pertama buatan Qualcomm yaitu Alpha I dan Alpha II. Bentuknya sebesar koper briefcase!

Museum Qualcomm di San Diego, California, AS. Menyimpan telepon CDMA pertama, telepon Presiden AS dan helikopter Mars.Ponsel CDMA pertama Alpha I yang berukuran sebesar koper briefcase. Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom

Di sebelahnya, kita akan melihat CDMA Test Van yang bersejarah. Alpha I dulu dibawa berkeliling dengan mobil van Qualcomm untuk menguji coba telepon yang bisa dibawa kemana saja dan menandai kelahiran CDMA tahun 1989. Itu sebabnya ponsel dinamai sebagai 'mobile phone'. Mobil ini kini dipajang di museum.

Barulah setelah itu ada pajangan puluhan jenis ponsel dari berbagai merek dari Samsung sampai Blackberry yang pernah memakai chipset Qualcomm. Wah, sungguh pengalaman nostalgia.

Halaman selanjutnya: Telepon khusus Presiden AS dan helikopter Mars >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT