Celetuk Warga +62: Runtuhnya Kekaisaran Sambo

Celetuk Warga +62: Runtuhnya Kekaisaran Sambo

ADVERTISEMENT

Celetuk Warga +62: Runtuhnya Kekaisaran Sambo

Tim - detikInet
Rabu, 24 Agu 2022 14:22 WIB
Ilustrasi Twitter
Celetuk Warga +62: Runtuhnya Kekaisaran Sambo (Foto: Associated Press)
Jakarta -

Pertemuan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan Komisi III DPR jadi atensi publik. Istilah Kekaisaran Sambo membahana lagi.

Istilah Kekaisaran Sambo merujuk pada diagram jejaring Irjen Ferdy Sambo, tersangka pembunuhan Brigadir Yoshua, yang beredar di media sosial. Diagram ini belum bisa dikonfirmasi faktanya, namun sudah tersebar luas.

Saat rapat dengan Kapolri, para anggota Komisi III mengungkit lagi diagram Kekaisaran Sambo. Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa menilai diagram ini seperti menunjukkan ada perang di dalam institusi Polri.

Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem, Taufik Basari menuding diagram Kekaisaran Sambo adalah bikinan polisi sendiri. Sedangkan, anggota Komisi III DPR Fraksi Golkar Supriansa tidak percaya dengan diagram ini

Bagaimana dengan reaksi netizen Indonesia? Dipantau di Twitter, Rabu (24/8/2022) urusan 'Kekaisaran Sambo' juga jadi atensi warga +62. Mereka meminta semua orang yang ada di diagram Kekaisaran Sambo agar diperiksa.

Mereka menilai Kekaisaran Sambo akan runtuh asal Kapolri berkomitmen membersihkan institusinya dari para oknum. Sementara ada juga netizen yang meragukan diagram Kekaisaran Sambo ini.

Anggota DPR pun tidak luput dari kritikan netizen. Mereka dinilai malas karena cuma mencomot gambar diagram Kekaisaran Sambo dari media sosial untuk dibawa ke rapat dengan Kapolri.

Inilah beberapa komentar netizen di Twitter:

"Runtuhnya kekaisaran Sambo. Sambo bakal bringas sih klo org di sekeliling gk membantu," komentar @Komodo_***.

"Jelas sudah terbukti grafik diagram kekaisaran sambo yg libatkan beberapa kapolda," kata @CingGar***.

"Iya.... kalau data opposite diolah lagi kebenarannya dan ada tambahan fakta/data baru, kan lebih enak ya om...kalo mentahan dicomot dr sosmed gitu malah riskan," kata @SeduhP*** mengkritik anggota DPR yang cuma mencomot diagram dari medsos.

"Kirain berani menumpas kekaisaran Sambo...," kata @p02*** yang ragu kepada Polri.

"Bagaimana kalau bukan seorang berpangkat tinggi bahkan hanya seorang rakyat biasa yang terus mengkritisi kekaisaran Sambo..?" tanya @arren***.

"Tolonglah, ini sebaiknya Pesulap Merah turun tangan," canda @ardymandal***.

[Gambas:Youtube]



(fay/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT