LFCN Gelar Ajang Legendaris Salon Foto Indonesia ke-42

ADVERTISEMENT

LFCN Gelar Ajang Legendaris Salon Foto Indonesia ke-42

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 23 Agu 2022 12:46 WIB
Lembaga Fotografi Candra Naya (LFCN) menjalankan event legendaris Salon Foto Indonesia ke-42. Sebelumnya LFCN jadi penyelenggara Salon Foto pertama tahun 1973.
LFCN Selenggarakan Ajang Legendaris Salon Foto Indonesia ke-42. Foto: LFCN
Jakarta -

Lembaga Fotografi Candra Naya (LFCN) menyelenggarakan event legendaris Salon Foto Indonesia ke-42 di Jakarta. Sebelumnya LFCN menjadi penyelenggara Salon Foto pertama di tahun 1973.

LFCN sudah didirikan sejak 1948 dan kini sudah berusia 74 tahun. Penjurian Salon Foto pertama (SFI1) tahun 1973 dilaksanakan di Gedung Candra Naya, Jakarta Pusat, yang sekarang ini telah menjadi cagar budaya.

LFCN yang bernaung di bawah Perhimpunan Sosial Candra Naya, telah 4 kali mengadakan Salon Foto Indonesia (1973, 1976, 2008, 2022) dan 2 kali mengadakan Salon Foto International (ISAP) (2010, 2012). Dalam sejarahnya, setelah di gelar pameran SFI 1973 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, diresmikanlah Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia (FPSI) oleh delapan klub fotografi. Delapan klub fotografi itu antara lain LFCN (Jakarta), PAF (Bandung), PSS (Surabaya), HISFA (Yogyakarta), CCC (Pekan Baru), BFC (Purworejo), Focus (Solo), SPF (Surabaya).

Lembaga Fotografi Candra Naya (LFCN) menjalankan event legendaris Salon Foto Indonesia ke-42. Sebelumnya LFCN jadi penyelenggara Salon Foto pertama tahun 1973.Lembaga Fotografi Candra Naya (LFCN) menjalankan event legendaris Salon Foto Indonesia ke-42. Sebelumnya LFCN jadi penyelenggara Salon Foto pertama tahun 1973. Foto: LFCN

LFCN kemudian ingin mengulang kembali sejarah 49 tahun dengan mengadakan penjurian cetak salon foto Indonesia yang ke-42 di lokasi yang sama di Gedung Candra Naya. Dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (23/8/2022) penjurian itu telah dilakukan pada Sabtu, 13 Agustus 2022 dengan total 6 juri.

Juri cetak warna adalah Agatha Bunanta, Arya Marta, dan Martha Suherman. Sedangkan 3 juri cetak monokrom ialah Harjanto Sumawan, Wibowo Rahardjo, dan Medi Wiharyono. Mereka kemudian menjuri ribuan foto dari ratusan fotografer dari berbagai daerah di Indonesia.

SFI 42 juga menorehkan sejarah di Salon Foto Indonesia dengan menjadi Salon Foto Indonesia pertama yang mendapat pengakuan dari Organisasi
Foto Internasional yaitu Photographic Society of America (PSA). Selain foto-foto cetak, SFI42 juga menerima foto digital yang penjuriannya telah berlangsung tanggal 6 Agustus 2022 yang lalu oleh juri juri Indonesia dan juri manca negara dari Australia, Cyprus, Tiongkok dan Amerika.

SFI 42 telah menerima total foto 6.629 foto dari 43 negara yang menjadi rekor jumlah foto dan partisipasi negara terbanyak sepanjang sejarah salon foto Indonesia.



Simak Video "Keseruan Tur Sejarah di Kawasan Pecinan Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT