Xiaomi Pamerkan Robot Mirip Manusia Bernama CyberOne

ADVERTISEMENT

Xiaomi Pamerkan Robot Mirip Manusia Bernama CyberOne

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 13 Agu 2022 20:42 WIB
CyberOne, robot humanoid pertama dari Xiaomi
Xiaomi Pamerkan Robot Mirip Manusia Bernama CyberOne Foto: Screenshot/detikINET
Jakarta -

Xiaomi baru saja memamerkan ponsel layar lipat terbarunya, MIX Fold 2. Tapi dalam acara peluncuran yang sama, Xiaomi memamerkan satu kejutan tak terduga yaitu robot bernama CyberOne.

CyberOne merupakan robot humanoid atau robot yang fisiknya mirip seperti manusia. Robot ini dikenalkan di atas panggung secara langsung oleh pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun.

CyberOne sempat mendemonstrasikan kemampuannya di atas panggung dengan bantuan Lei Jun. Setelah berjalan singkat ke atas panggung, CyberOne memberikan Lei Jun setangkai bunga dan kemudian diajak selfie bersama.

Xiaomi CyberOne memiliki tinggi 177 cm dan berat sekitar 52 kg. Oleh Xiaomi, robot ini diberi nama panggilan 'Metal Bro' dan karena diumumkan pada bulan Agustus robot ini juga memiliki zodiak Leo.



CyberOne merupakan produk robot kedua yang diluncurkan oleh Xiaomi Robotics Lab, setelah CyberDog yang dirilis pada Agustus 2021. Desainnya mirip seperti beberapa robot humanoid lainnya seperti robot Atlas buatan Boston Dynamics, serta Tesla Bot robot buatan Tesla yang sampai sekarang belum diluncurkan.

Robot CyberOne memiliki wajah yang ditampilkan dalam panel OLED. Berkat teknologi Mi-Sense depth vision module, CyberOne bisa melihat lingkungan sekitarnya dalam bentuk 3D sekaligus mengenali individu, gestur, dan ekspresi manusia.

Xiaomi melengkapi robot ini dengan teknologi MiAI dan dua mikrofon yang memungkinkan CyberOne untuk mengenali 85 jenis suara lingkungan dan 45 klasifikasi emosi manusia.

Tidak hanya itu, Xiaomi mengklaim CyberOne bisa mendeteksi kebahagiaan seseorang dan bahkan menghibur pengguna saat sedang sedih. Untuk penggunaan di dunia nyata, CyberOne diklaim bisa membantu manufaktur hingga menjadi teman manusia.

"Dengan AI sebagai intinya dan rangka humanoid sebagai wadahnya, ini adalah eksplorasi potensi ekosistem teknologi Xiaomi di masa depan dan terobosan baru bagi perusahaan," kata Lei Jun, seperti dikutip dari Engadget, Sabtu (13/8/2022).

Lei Jun mengatakan saat ini robot CyberOne membutuhkan biaya sebesar 600.000-700.000 Yuan (Rp 1,3 sampai 1,5 milyar) untuk diproduksi. Jadi Xiaomi sepertinya belum akan memproduksi robot ini secara massal untuk dijual.

Sembari menunggu robot CyberOne diproduksi secara massal, Xiaomi masih akan terus menambahkan kemampuan dan fitur baru untuk robot humanoid pertamanya.



Simak Video "Menantikan Xiaomi Mix Fold 2, Penantang Ponsel Layar Lipat Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT