Kiprah Daryl Wilson Kembangkan Industri Animasi Indonesia

Kiprah Daryl Wilson Kembangkan Industri Animasi Indonesia

#77PortraitAnakBangsa

Kiprah Daryl Wilson Kembangkan Industri Animasi Indonesia

Inkana Putri - detikInet
Kamis, 11 Agu 2022 16:58 WIB
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G.
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. (Foto: Dok OPPO)
Jakarta - Bagi sebagian masyarakat Indonesia, nama Daryl Wilson mungkin masih asing terdengar. Namun, bagi mereka yang berada di industri animasi, Daryl tentunya menjadi salah satu sosok yang populer.

Daryl merupakan salah satu pembuat film animasi lokal asal bandung yang kini menjadi CEO PT Kumata Indonesia. Bersama Ruben Adriano dan Asep Suryana, Daryl membangun Kumata Studio dan menghasilkan berbagai karya animasi mulai dari Miles and Stones, Biggy Buddy, J-town dan Si Juki The Movie.

Karya garapan Daryl pun juga kerap mendapat penghargaan. Salah satunya seperti Si Juki the Movie dalam Piala Citra FFI tahun 2018. Sementara itu, Miles and Stones pernah terpilih sebagai finalis dalam ajang Seoul Promotional Plan (SSP) Project Competition 2015 di Seoul, Korea Selatan. Lewat karyanya, Daryl ingin menjadikan Kumata sebagai service studio terbaik di Asia Tenggara hingga bisa menyalurkan konten original yang menginspirasi dunia internasional.

Hingga kini, melalui Kumata Studio, Daryl bersama timnya terus berupaya membuat dan menghasilkan karya orisinal yang mengutamakan konten berkualitas tinggi untuk menghibur pengguna melalui berbagai platform media. Kiprahnya Deryl di dunia industri animasi ini pun menjadikannya sebagai ketua AINAKI (Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia) Bandung.

Bersama AINAKI dan Kominfo, Daryl juga turut mengembangkan industri animasi lokal. Hal ini diwujudkan melalui pembuatan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, khusus untuk di bidang ilmu Desain (Animasi). Dengan demikian, mahasiswa dapat mempersiapkan keahlian mereka di area kerja yang sesuai dengan bidang keilmuannya.

(fhs/ega)