Jack Ma Lolos dari Pemerintah China, Kini di Eropa

ADVERTISEMENT

Jack Ma Lolos dari Pemerintah China, Kini di Eropa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 04 Agu 2022 14:46 WIB
Jack Ma
Jack Ma saat berada di Belanda. Foto: WUR
Jakarta -

Jack Ma saat ini diketahui sedang berada di Eropa dan mengunjungi beberapa negara. Ia kabarnya sudah lolos dari investigasi atau mungkin hukuman dari pemerintah China setelah setuju untuk tidak lagi terlalu berkuasa atau mengendalikan perusahaannya.

Laporan dari Bloomberg menyebut Jack Ma jalan-jalan di Eropa cukup lama. Pada akhir tahun silam, ia juga kedapatan di Eropa namun tampaknya, kali ini lebih panjang durasinya.

Pria berusia 57 tahun itu antara lain terlihat di sebuah restoran di Austria, mengunjungi universitas di Belanda untuk belajar mengenai teknologi pertanian, dan melabuhkan kapal pesiarnya di Mallorca, Spanyol.

Padahal dulu sempat dikabarkan pemerintah China melarang Jack Ma bepergian keluar negeri, setelah kasus dia mengkritik sistem keuangan China di tahun 2020. Setelahnya, regulator mengawasi ketat Alibaba sampai Ant Group, perusahaan yang didirikan Ma.

Dalam perkembangannya, Jack Ma disebut setuju untuk mengurangi kendalinya di perusahaan itu. Bahkan ada kemungkinan sebagian sahamnya akan dibagikan ke eksekutif yang lain.

"Jack Ma berniat untuk menurunkan dan membatasi kepentingan ekonominya di Ant Group dari waktu ke waktu," demikian pernyataan Alibaba yang dikutip detikINET dari Bangkok Post, Kamis (4/8/2022).

Presiden China, Xi Jinping, belakangan memang gencar menyuarakan program kemakmuran bersama agar kesejahteraan bisa semakin merata di antara rakyat China. Maka para perusahaan dan orang terkenal seperti Jack Ma diawasi semakin ketat.

Jack Ma sendiri masih belum pernah berbicara di hadapan publik semenjak kasus yang menimpanya, tidak seperti dahulu. Akan tetapi jelas bahwa dia masih manusia bebas dengan lama mengunjungi Eropa.



Simak Video "Aktivitas Jack Ma di Eropa Usai Lolos dari Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT