Favorit UMKM, Tokopedia Sabet Penghargaan di Selular Award 2022

ADVERTISEMENT

Favorit UMKM, Tokopedia Sabet Penghargaan di Selular Award 2022

Hanifa Widyas - detikInet
Selasa, 02 Agu 2022 15:20 WIB
Tokopedia Raih Penghargan Selular Award
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia baru saja meraih penghargaan di penghargaan Selular Award 2022 dalam kategori 'UMKM's Most Favorite e-Commerce.' Adapun Tokopedia berhasil membawa penghargaan dari empat kategori, yakni Most Trusted , UMKM's Most Favorite E-Commerce, Best E-Commerce, dan Excellence in Performance for Leontinus A Edison.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan penghargaan ini tidak terlepas dari komitmen Tokopedia untuk terus fokus 'go local' mendorong pertumbuhan ekonomi digital di daerah.

"Hal ini tidak lepas dari komitmen Tokopedia untuk terus fokus 'go local' untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di daerah. Ada pula inovasi yang selalu kami gaungkan yang berangkat dari komitmen ini adalah Inisiatif Hyperlocal," ungkap Ekhel dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8/2022).

Ia kemudian menjelaskan Inisiatif Hyperlokal dihadirkan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat di penjuru Indonesia sekaligus membantu para pegiat usaha, salah satunya UMKM lokal. Ia berharap dengan kehadiran inisiatif tersebut dapat membantu UMKM agar terus relevan dengan perkembangan zaman dan menjadi juara di negeri sendiri.

"Inisiatif ini juga mendukung UMKM di daerah mendapatkan panggung yang seluas-luasnya, di mana mengedepankan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat di domisili mereka," lanjut Ekhel.

Ekhel memaparkan program-program yang hadir dalam Inisiatif Hyperlocal, di antaranya Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal yang menghadirkan festival belanja WIB dan WIB Lokal selama tanggal 25 hingga akhir bulan; Kumpulan Toko Pilihan (KTP), yaitu fitur geo-tagging yang mendekatkan pembeli dengan penjual; Tokopedia NOW! yang memberikan layanan untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan harian; dan Dilayani Tokopedia, yaitu gudang pintar untuk menitipkan stok produk milik penjual.

"Sejalan dengan Inisiatif Hyperlokal, Tokopedia menjalin kerja sama dengan mitra strategis untuk memberikan solusi dan pelatihan komprehensif dan terfokus tidak hanya pada kota besar di Indonesia namun juga fokus ke daerah-daerah," kata Ekhel.

Adapun beberapa upaya yang dilakukan Tokopedia untuk UMKM Indonesia, antara lain mengadakan talkshow di Tokopedia Play, mengadakan webinar dan beragam kelas-kelas edukasi, membuat Pusat Edukasi Seller Tokopedia, serta baru-baru ini menggelar Kelas Perempuan Maju Digital.

Sebagai informasi, sejak 2003, Selular Award sudah digelar ke-19 kalinya untuk tahun ini. Pada tahun ini, Selular Award mengangkat tema 'Winning in Digital Ecosystem'.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT