#PrayForGarut Trending, Netizen Doakan Korban Banjir di Garut

ADVERTISEMENT

#PrayForGarut Trending, Netizen Doakan Korban Banjir di Garut

Tim - detikInet
Sabtu, 16 Jul 2022 11:49 WIB
Jakarta -

Netizen ramai-ramai mendoakan warga yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tagar #PrayForGarut pun masuk trending topic di Twitter.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Garut sejak Jumat (15/6) sore diperkirakan menjadi penyebab banjir bandang dan longsor di 13 kecamatan tersebut. Kondisi tersebut mengakibatkan rumah warga dan jalan terputus.

Netizen di Twitter pun ramai-ramai mendoakan para warga yang terdampak banjir tersebut dengan tagar #PrayForGarut, yang saat berita ini dibuat berada di posisi ke-3 trending topic Twitter Indonesia. Salah satu kicauan dengan tagar tersebut berasal dari Menteri BUMN Erick Thohir.

"Semoga banjir segera surut dan warga yang terdampak bisa tertangani dengan baik, dan dalam keadaan selamat semuanya. Tetap waspada. #Garut #PrayForGarut," tulis Erick.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan darurat banjir. Data terbaru, saat ini totalnya delapan kecamatan yang terdampak banjir.

Rudy mengaku menerima banyak laporan dari BPBD Garut, pihak kecamatan dan lainnya. Sementara ini, ada delapan kecamatan di Kabupaten Garut yang terendam banjir di antaranya Kecamatan Cikajang, Bayongbong, Cilawu, Garut Kota, Tarogong Kidul, Banyuresmi, Karangpawitan dan Kecamatan Cibatu.

Rudy menyampaikan, saat ini pihaknya menyatakan Kabupaten Garut dalam keadaan darurat banjir. BPBD, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dibantu oleh TNI-Polri sudah melakukan evakuasi para penyintas banjir di Kabupaten Garut.

Selain tagar #PrayForGarut, ada juga kata hujan yang masuk dalam daftar trending topic Twitter Indonesia siang ini. Beberapa kota di pulau Jawa memang diguyur hujan sejak Jumat (15/7), dan bahkan pada Sabtu (16/7) pagi hingga siang pun masih hujan di beberapa daerah.

Akibatnya, banyak daerah yang juga mengalami banjir. Misalnya di DKI Jakarta ada 92 RT yang terendam banjir. Begitu juga banyak daerah di Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, dan lainnya.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Bogor, Depok, dan Tangerang masih akan diguyur hujan sampai siang ini.

(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT