Apple Tak Lagi Kolaborasi Bareng Perancang iPhone

ADVERTISEMENT

Apple Tak Lagi Kolaborasi Bareng Perancang iPhone

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 13 Jul 2022 20:14 WIB
Jony Ive
Apple Tak Lagi Kolaborasi Bareng Perancang iPhone (Foto: Apple)
Jakarta -

Kerjasama antara Apple dan desainer Jony Ive benar-benar sudah berhenti, menandakan berakhirnya hubungan kerja antara keduanya yang telah berlangsung selama lebih dari 30 tahun.

Ive memang sudah meninggalkan posisinya sebagai Chief Design Officer di Apple sejak tahun 2019 untuk mendirikan perusahaan desain independen bernama LoveFrom. Tapi Ive masih bekerja untuk Apple sebagai konsultan dan ia sempat berharap dapat bekerja dengan Apple hingga beberapa tahun ke depan.

Ive terikat kontrak multitahun dengan nilai lebih dari USD 100 juta. Apple menjadi salah satu klien utama LoveFrom, tapi kontrak ini melarang Ive mengerjakan proyek yang dianggap bersaing dengan Apple.

Ive dan Apple kabarnya siap memperpanjang kontrak kerjasama ini. Tapi mereka memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak, dan tiga tahun setelahnya kerjasama ini resmi berakhir.

Menurut laporan The New York Times, eksekutif Apple kabarnya mempertanyakan seberapa besar Apple membayar Ive, dan frustrasi karena banyak desainer yang meninggalkan Apple untuk bergabung dengan LoveFrom.

Sementara itu, Ive ingin lebih bebas memilih klien tanpa harus mendapatkan izin dari Apple terlebih dahulu, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (13/7/2022).

Ke depannya, COO Apple Jeff Williams akan memimpin tim desain Apple bersama dengan tim marketing yang dipimpin oleh Greg Joswiak. Desain industrial akan dipimpin oleh Evans Hankey dan desain software akan dipimpin oleh Alan Dye.

Ive sendiri dikenal sebagai salah satu figur penting di Apple sejak bergabung dengan produsen iPhone itu pada tahun 1992. Ia merupakan sosok visioner di balik desain produk-produk Apple yang ikonik, termasuk iPhone, iMac, Apple Watch, hingga toko ritel Apple di seluruh dunia.

Ive juga merupakan salah satu orang kepercayaan pendiri Apple Steve Jobs. Bersama-sama, keduanya membawa Apple keluar dari ancaman kebangkrutan pada tahun 1990-an dan menjadi perusahaan teknologi raksasa seperti sekarang.



Simak Video "Pengguna Apple Diminta Rajin Update iOS Demi Keamanan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT