Reaksi Sinis Netizen Soal Tweet Lowongan Buzzer MyPertamina

ADVERTISEMENT

Reaksi Sinis Netizen Soal Tweet Lowongan Buzzer MyPertamina

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 06 Jul 2022 14:05 WIB
Warga menunjukan aplikasi MyPertamina saat mengisi bahan bakar pertalite di SPBU Pertamina Abdul Muis, Jakarta, Rabu (29/6/2022). PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, akan melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar, secara terbatas bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem MyPertamina, mulai 1 Juli mendatang. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Reaksi Netizen Soal Tweet Lowongan Buzzer MyPertamina (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Aplikasi MyPertamina kembali jadi buah mulut akibat tweet viral lowongan buzzer untuk menaikkan rating. Reaksi netizen pun beragam dan Pertamina sampai buka suara.

Di Twitter memang sedang ada tweet viral berbentuk screenshot. Isinya adalah lowongan menjadi buzzer untuk menaikkan ratting MyPertamina di Playstore dan Appstore, ditambah lagi dengan komentar positifnya.

Tweet yang viral itu dipasang akun @memefess yang menyebutkan ada job buzzer yang butuh sampai 1.000 user. Tugasnya memberi rating bintang 5 dan review positif 1 paragraf.

Bayarannya adalah Rp 4.000/email dan 1 device bisa beberapa email. Dipantau detikINET, Rabu (6/7/2022) tweet itu sudah mendapatkan 4.448 likes, 909 retweet dan 311 quote tweet.

Reaksi netizen Indonesia pun beragam. Ada yang tertarik dan penasaran, ada yang mencemooh ada juga yang kritis. Mereka yang netral mengatakan serangan review bintang 1 sebelumnya juga adalah kerjaan buzzer. Jadi, gerakan buzzer untuk bintang 5 ini pun sama saja.

"Bagi link dong, lagi liburan semester butuh job," kata @victor***.

"Biasanya bakal ada agency yg naungin/rekrut buzzer (kadang buzzer juga bot bukan manusia). Nah orang2/perusahaan yg membutuhkan bisa ngasih job ke agencynya deh buat ngebuzzer," kata @kamal***.

"Btw kemaren² ada juga loh job buzzer buat rate ★1 my Pertamina. Baca aja tuh yg rate ★1 kalimatnya khas buzzer juga. Lu dibayar berapa nih? 🤣," kata @amadia***.

"Kuat kuatan buzzer mana... Yg satu bayarannya naikin rating yg satu jatuhin rating. Sama sama dibayar," kata @alfaromeo***.

Terkait dengan hal ini Pertamina pun sudah memberikan tanggapannya. Dilansir dari CNN Indonesia, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pihaknya tidak tahu menahu.

"Saya tidak ada info terkait hal tersebut. Kami tidak tahu hal itu. Bahwa bila ada yang memberikan penilaian kurang untuk aplikasi MyPertamina, sebagai masukan dan kritikan, tentu kami terima untuk perbaikan ke depan," kata Irto.



Simak Video "Wilayah Wajib Daftar untuk Beli Pertalite Diperluas, Buruan Daftar!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT