IndoChat Ajak Generasi Z Bangga Budaya Lokal & Keragaman Suku

ADVERTISEMENT

IndoChat Ajak Generasi Z Bangga Budaya Lokal & Keragaman Suku

Sponsored - detikInet
Jumat, 01 Jul 2022 09:30 WIB
IndoChat
Foto: dok. IndoChat
Jakarta -

Indonesia memiliki ragam budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, dan bahasa. Keberagaman ini tentu akan hilang jika tidak dilestarikan, khususnya oleh generasi muda yang memiliki peran besar dalam membangun kekuatan Indonesia ke depan.

Menurut data BPS tahun 2010, Indonesia memiliki 1.331 kelompok suku dan berdasarkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan ada 652 bahasa daerah yang berbeda di Indonesia.

Generasi muda Indonesia, khususnya Gen Z diharapkan dapat terus menanamkan nilai-nilai keberagaman demi terjaganya keutuhan bangsa. Hal ini juga yang diajak oleh Presiden Joko Widodo ke anak bangsa untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila.

Menurut Jokowi, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan Indonesia, tapi telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

Melihat hal tersebut, IndoChat sebagai platform media sosial karya anak bangsa mengajak Gen Z untuk berbagi cerita, foto, dan video menarik tentang keunikan dan keberagaman di Indonesia. Mengusung tagline 'Uniknya Keberagaman Indonesia' IndoChat ingin membuat generasi muda bangga dengan daerah asal dan budaya mereka.

Marketing Manager IndoChat Mimi L berpendapat Gen Z merupakan generasi yang akrab dengan dunia digital dan memiliki peran penting dalam transformasi Indonesia.

"Mereka memegang peranan penting pada transformasi Indonesia di tahun-tahun yang akan datang. Kita perlu terus menanamkan nilai-nilai toleransi dan menghargai setiap keberagaman di Indonesia sejak dini," ujar Mimi dalam keterangan tertulis.

IndoChat menyadari peran generasi muda sangat besar dalam upaya membangun kekuatan Indonesia, salah satunya dengan terus menjaga persatuan dan menghargai keragaman sebagai keunggulan bangsa.

"Kita harus mampu mencetak anak muda yang bermental kreatif dan menghargai setiap perbedaan yang ada," imbuh Mimi.

Perbedaan pengaruh budaya ini akan sangat terasa ketika merantau atau melakukan perjalan ke daerah lain. Seperti cerita yang dibagikan beberapa pengguna IndoChat berikut, yang mengalami #MomenCultureShock saat berada di perantauan.

IndoChatFoto: dok. IndoChat

Generasi muda sering minder dengan identitas daerahnya terlebih ketika berkunjung ke kota besar. Melalui tagline 'Uniknya Keberagaman Indonesia' IndoChat ingin mengedukasi Gen Z untuk lebih bangga terhadap budaya lokal dan menerima keragaman suku bangsa sebagai kekayaan yang tak ternilai harganya. Nilai inilah yang ingin IndoChat promosikan ke seluruh Indonesia.

"Indonesia negara yang memiliki banyak keragaman dan kekayaan budaya, bahasa, dan adat istiadat. Kita harus dapat mengelolanya secara tepat agar dapat menjadi kekuatan. Uniknya keberagaman Indonesia harus menjadi sumber kekuatan bangsa," kata Direktur IndoChat Tjahyo Utomo.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di aplikasi IndoChat. Bisa juga berbagi info jajanan favorit, film, travel, games, dan update berita-berita terkini seputar Indonesia.

Download IndoChat di Google Play Store dan App Store, gunakan kode undangan "chat51840" dan dapatkan rewards yang bisa kamu tukarkan berbagai voucher menarik

"Sudah saatnya kita bangga sebagai orang Indonesia yang berbudaya, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cari tahu lebih banyak mengenai uniknya keberagaman Indonesia di aplikasi IndoChat. Cinta Budaya, Cinta Indonesia," tutur Tjahyo Utomo.



Simak Video "Temuan Terbaru Rover NASA di Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/IndoChat)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT