Berani Banget, Karyawan SpaceX Sebut Elon Musk Bikin Malu

Berani Banget, Karyawan SpaceX Sebut Elon Musk Bikin Malu

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 18 Jun 2022 14:08 WIB
SpaceX CEO Elon Musk speaks after unveiling the Dragon V2 spacecraft in Hawthorne, California May 29, 2014. Space Exploration Technologies announced April 27, 2016, it will send uncrewed Dragon spacecraft to Mars as early as 2018, a first step in company founder Elon Musks goal to fly people to another planet. REUTERS/Mario Anzuoni/File Photo
Elon Musk diprotes karyawan SpaceX. Foto: REUTERS/Mario Anzuoni/File Photo
Jakarta -

Berani sekali para karyawan SpaceX ini. Sekelompok pegawai perusahaan pesawat antariksa itu menulis surat internal pada para eksekutif SpaceX, bahwa bos mereka Elon Musk adalah gangguan dan juga memalukan.

Memang Elon Musk kerap bikin kontroversi. Terlebih ada drama pembelian Twitter olehnya yang seakan tidak berujung pangkal, bahkan terancam batal. Lalu dia juga diduga melakukan pelecehan seks pada seorang pramugari walau sudah ia bantah.

Tak cuma itu, Elon juga belakangan kerap berkomentar soal politik, misalnya mengejek Partai Demokrat suka memecah belah dan beralih mendukung Partai Republik.

"Tingkah laku Elon di publik merupakan sumber gangguan yang rutin dan memalukan bagi kita, terutama pada minggu-minggu belakangan ini," tulis surat itu yang dikutip detikINET dari CNBC.

"Sebagai CEO kami dan juru bicara yang paling menonjol, Elon Musk dilihat sebagai wajah dari SpaceX. Maka, setiap tweet yang dikirim oleh Elon adalah penyataan publik de facto dari perusahaan," tambah para karyawan itu.

Tidak jelas siapa yang menulisnya dan seberapa banyak karyawan SpaceX ikut serta menyusunnya. Surat itu dibagikan di grup chat internal yang diikuti oleh ribuan karyawan, menurut sumber terkait.

Beberapa tuntutan pun diajukan dalam surat itu agar Elon Musk tidak lagi berbuat atau berkomentar kontroversial demi nama baik perusahaan.

"SpaceX harus dengan jelas memisahkan dirinya dari brand personal Elon Musk. Semua kepemimpinan harus akuntabel dengan setara untuk membuat SpaceX tempat bekerja yang baik untuk setiap orang dan merespons semua bentuk tingkah laku yang tidak bisa diterima," tulis para karyawan itu lagi.



Simak Video "Elon Musk Digugat USD 258 Miliar oleh Investor di Dogecoin"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)