Wow, Manusia Bakal Punya Kembaran Virtual Canggih

Wow, Manusia Bakal Punya Kembaran Virtual Canggih

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 16 Jun 2022 10:44 WIB
Membeli Tanah Virtual di Metaverse
Dunia virtual. Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Terkadang, ada orang yang dikatakan sangat mirip dengan kita atau sebutannya doppelganger. Nah di masa depan, diprediksi benar-benar ada sosok yang kembar dengan kita, hanya saja bentuknya virtual, hidupnya di dunia digital. Ya, nanti akan ada kembaran virtual.

Pada saat ini pun, apa yang eksis di dunia nyata seakan eksis pula di dunia digital. Jadi, kembaran virtual pun diperkirakan akan menjadi kenyataan tidak lama lagi.

Menurut pakar, seperti dikutip detikINET dari BBC, kembaran digital itu benar-benar replika dari yang ada di dunia nyata. Adapun kegunaannya adalah untuk membantu kembarannya di dunia nyata atau memberi saran.

Pada awalnya, kembaran itu mungkin berupa model komputer 3D yang canggih. Namun ketika nanti dipadukan dengan kecerdasan buatan dan sensor internet of things, bisa jadi kembaran itu bisa belajar sendiri.

Analis teknologi, Rob Enderle, yakin bahwa versi pertama kembaran virtual akan muncul sebelum akhir dekade ini. Kehadirannya itu perlu dipertimbangkan secara etis dan ada aturannya.

"Apa yang terjadi misalnya jika perusahaan Anda membuat kembaran digital Anda dan mengatakan, hey kembaran digital ini tak perlu digaji, jadi kenaap kami masih mempekerjakan Anda?" kata Rob.

Di dunia metaverse saat ini, sudah ada semacam kembaran berupa avatar, walau belum canggih. Banyak kekurangannya, misalnya tidak mirip, tidak banyak gunanya, bahkan belum ada kakinya. Namun nanti situasinya bisa berbeda.

Saat ini, sudah ada beberapa pihak yang membuat kembaran virtual, walau belum manusia. Misalnya, Singapura membuat kembaran digital perkotaannya agar mampu merawat dan merancangnya dengan lebih baik.



Simak Video "Menengok Metaverse Fashion Week untuk Pertama Kalinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)