Daftar Permintaan Senjata dari Ukraina Untuk Libas Rusia

Daftar Permintaan Senjata dari Ukraina Untuk Libas Rusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 15 Jun 2022 15:53 WIB
Amerika Serikat mengirimkan senjata canggih untuk memperkuat Ukraina melawan Rusia. Salah satu senjata yang dikirim adalah sistem roket canggih M142 HIMARS.
Senjata berat AS yang dikirimkan ke Ukraina. Foto: AFP/Fayez Nureldine
Jakarta -

Penasihat presiden dan negosiator damai Ukraina, Mykhailo Podolyak, mengungkap senjata apa yang dibutuhkan oleh Ukraina untuk mengakhiri perang dengan Rusia.

Pada saat ini, Rusia membuat kemajuan di area timur Ukraina yang lokasinya sangat strategis. Untuk menangkalnya bahkan mengalahkan, Podolyak meminta banyak bantuan senjata berat dari barat agar segera dikirim ke Ukraina.

Permintaan itu jumlahnya besar. Secara rinci, Podolyak menyebut Ukraina butuh 1.000 meriam Howiter, 300 MLRS (M270 Multiple Launch Rocket System) atau sistem roket jarak jauh, 500 unit tank, 2.000 kendaraan tempur dan juga 1.000 drone.

Pada saat ini, memang sudah banyak bantuan senjata dari negara barat dan terdiri dari berbagai macam jenis, tapi jumlahnya masih kurang. Bahkan AS hanya mengirimkan sekitar 4 unit MLRS dan Inggris juga dalam jumlah yang sama.

Permintaan senjata oleh Ukraina itu akan dibahas di markas NATO di Brussels, apakah akan dikabulkan atau tidak. Pada saat ini, akhir perang dengan Rusia bergantung pada senjata apa yang diterima oleh Ukraina dari para sekutu barat.

"Semuanya saat ini bergantung pada apa yang diberikan barat kepada kami," kata Vadam Skibitsky, Deputy Head intelijen militer Ukraina, yang dikutip detikINET dari Guardian, Rabu (15/6/2022).

Sebelumnya diberitakan, Ukraina sudah kehabisan persenjataan yang berasal dari era Uni Soviet karena digunakan atau juga telah dihancurkan oleh lawan. Maka nasib mereka benar-benar bergantung pada bantuan dari NATO.

"Tentara Rusia lebih powerful, mereka punya banyak artileri dan amunisi. Untuk saat ini, yang terjadi adalah perang artileri dan kami kehabisan amunisi. Bantuan dari Eropa dan Amerika sangat-sangat penting," tandasnya.



Simak Video "Rusia Tegaskan Tak Akan Gunakan Nuklir untuk Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)