4 Fakta Pengguna Internet di Indonesia

ADVERTISEMENT

4 Fakta Pengguna Internet di Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 09 Jun 2022 21:00 WIB
Asian kindergarten school girl with mother video conference e-learning with teacher on laptop in living room at home. Homeschooling and distance learning ,online ,education and internet.
Ilustrasi pengguna internet (Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb)
Jakarta -

Jumlah pengguna internet di Indonesia sudah tembus 210 juta orang. Inilah fakta-faktanya.

Setiap tahun Asosiasi Penyedia Jasa Internet (APJII) melakukan survei Profil Internet Indonesia. Di tahun 2022 ini dengan menggandeng SRA Consulting, ada sejumlah temuan menarik.

Salah satu yang menarik adalah ditemukan peningkatan literasi internet di Indonesia mencapai 77,02% dari total populasi Indonesia, sehingga yang sudah mengakses adalah 210 juta. Penetrasi berdasarkan gender ditemukan sama baiknya.

"Kalau kami lihat ada peningkatan signifikan terutama saat pandemi," kata Sekretaris Jenderal APJII, Zulfadly Syam dalam acara 'Indonesia Digital Outlook 2022: Encouraging the Acceleration of Sustainable Digital Transformation', di The Westin Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (9/6/2022).

Berikut ini data survei yang menarik untuk dibahas:

1. Penetrasi internet tertinggi: Jawa

Tingkat penetrasi dan kontribusi internet berdasarkan pulau menunjukkan Pulau Jawa masih yang paling tinggi dengan persentase 43,92%. Disusul dengan Sumatera 16,63%, Kalimantan 4,8%, Nusa Tenggara 2,71%, Papua 1,38%, terakhir Maluku 0,81%.

2. Perempuan lebih lama bermain internet

Ditemukan pula dalam survei tersebut kenaikan penggunaan internet selama pandemi. Untuk durasi 1-5 jam ternyata didominasi perempuan. Itu artinya perempuan lebih banyak menghabiskan waktu bermain internet. Angkanya mencapai 53,74% berbanding 49,59% dengan laki-laki.

3. Alasan tidak memakai internet

Alasan tidak menggunakan internet sebanyak 45,16% mengaku karena harga kuota yang terlalu mahal. Disusul dengan tidak memiliki komputer dan gadget yang tidak terhubung komputer. Ketiga, tidak memiliki sambungan internet di wilayah.

4. Metode koneksi internet

Diungkap 77,64% memakai koneksi dari operator seluler, 20,61% responden mengaku memakai wifi yang dipasang di rumah, 0,61% memakai wifi kantor atau sekolah, 0,96% memakai wifi publik dan 0,18% tidak tahu.



Simak Video "Survei Google Ungkap Sembrononya Pengguna Internet Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT