Jack Dorsey Ogah Balik Lagi Jadi CEO Twitter, Ada Apa?

Jack Dorsey Ogah Balik Lagi Jadi CEO Twitter, Ada Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 12 Mei 2022 19:00 WIB
Jack Dorsey Twitter
Jack Dorsey Ogah Balik Lagi Jadi CEO Twitter Foto: Istimewa
Jakarta -

Muncul prediksi yang menyebutkan bahwa Jack Dorsey akan kembali menjadi CEO Twitter setelah Elon Musk resmi jadi pemilik baru Twitter. Tapi Dorsey justru membantah rumor tersebut dengan tegas.

Prediksi itu salah satunya datang dari pengguna Twitter Charles Wieand. Dalam cuitannya, Wieand memprediksi Musk akan meminta Dorsey untuk kembali dan menjadi CEO Twitter.

"Nah, saya tidak akan menjadi CEO lagi," kata Dorsey dalam balasannya terhadap cuitan Wieand, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (12/5/2022).

Dalam cuitan selanjutnya, Dorsey mengatakan ia tidak menginginkan jabatan tersebut. Ia juga mengatakan bahwa pada akhirnya tidak ada orang yang seharusnya menjadi CEO Twitter.

Mungkin respons Dorsey mengacu pada Bluesky, proyek yang dikembangkan untuk mengubah Twitter dari media sosial konvensional menjadi protokol yang terdesentralisasi.



Dorsey memiliki sejarah yang panjang dengan Twitter, perusahaan media sosial yang turut ia dirikan. Pada tahun 2008 dewan direksi Twitter memecatnya dari posisi CEO, hanya dua tahun setelah ia membantu mendirikan perusahaan.

Ia kembali menjabat posisi CEO Twitter pada tahun 2015. Tapi pada tahun 2020, sekelompok investor di dewan direksi Twitter mencoba melengserkannya karena Dorsey dianggap kurang inovasi dan terlalu disibukkan dengan perusahaannya yang lain.

Akhirnya, pada November 2021 Dorsey kembali mundur dari jabatannya sebagai CEO Twitter dengan alasan yang kurang begitu jelas. Posisinya digantikan oleh Parag Agrawal yang sebelumnya menjabat sebagai CTO Twitter.

Tapi kepemimpinan Agrawal sepertinya tidak akan bertahan lama. Pasalnya setelah proses akuisisi Twitter oleh Musk selesai, kabarnya orang terkaya di dunia itu akan menjabat sebagai CEO sementara Twitter. Tapi mengingat Musk juga memimpin SpaceX dan Tesla, kemungkinan ia akan mencari orang lain untuk memimpin Twitter.

Meski begitu, cukup masuk akal jika netizen berpikir Dorsey akan jadi pilihan Musk untuk menjadi pemimpin Twitter. Dorsey belakangan ini sering mengkritik Twitter dan tampaknya kurang senang dengan jalan yang diambil perusahaan. Dorsey juga terlihat setuju dengan beberapa kekhawatiran Musk tentang masa depan Twitter.

Dorsey sendiri saat ini masih disibukkan dengan pekerjaannya sebagai CEO Block, perusahaan keuangan dan pembayaran digital yang ia dirikan bersama Jim McKelvey.



Simak Video "Elon Musk Beli Twitter, Jack Dorsey: Ini Jalan yang Benar"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)