Rusia Terbangkan Pesawat Kiamat, Amerika Tak Mau Kalah - Halaman 2

Rusia Terbangkan Pesawat Kiamat, Amerika Tak Mau Kalah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 11 Mei 2022 20:12 WIB
Pesawat kiamat Amerika
Pesawat kiamat Amerika diisi bahan bakarnya di udara. Foto: Mirror

Walau usianya sudah tidak muda, kemampuannya bisa dibilang canggih. Berbagai macam fitur di pesawat kiamat Rusia sebelas dua belas alias serupa dengan pesawat kiamat Amerika.

Di antaranya, baik E-4B Nightwatch maupun Ilyushin II-80 dirancang bertahan dari gelombang elektromagnetis ataupun ledakan nuklir. Ada pula semacam punuk di punggung pesawat itu berisi antena komunikasi.

Sistem komunikasinya canggih, dengan perangkat satelit mutakhir serta kemampuan untuk berkomunikasi dengan kapal selam nuklir. Wajar saja, kemungkinan presiden akan berkantor di pesawat ini jika terjadi huru-hara nuklir.

Perbedaannya dengan pesawat kiamat Amerika di antaranya adalah, pesawat kiamat Rusia ini menghilangkan semua jendela di kabin. Jendela hanya ada di kokpitnya, itupun sangat terlindungi.

Tentu saja bukan berarti dikerahkannya pesawat kiamat tersebut adalah sebagai tanda akan terjadi perang nuklir. Namun demikian, karena bersamaan dengan konflik di Ukraina, siaganya pesawat kiamat Rusia dan AS itu menjadi perbincangan tersendiri.

(fyk/fay)