Rumah Kontrakan Ini Tempat Zuckerberg Cs Lahirkan Facebook

Rumah Kontrakan Ini Tempat Zuckerberg Cs Lahirkan Facebook

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 11 Mei 2022 16:48 WIB
Rumah kontrakan Mark Zuckerberg
Rumah kontrakan tempat Facebook dilahirkan. Foto: New York Post
Jakarta -

Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg dan beberapa orang kawannya. Selain asrama di kampus Harvard, rumah yang satu ini juga memegang sejarah penting dalam kelahiran media sosial terbesar itu.

Dibangun pada 1998, rumah yang cukup mewah ini punya 6 kamar tidur dan 4 kamar mandi dan disewakan sejak tahun 2004. Nah tebak siapa penyewa pertamanya?

Ya, Mark Zuckerberg dan pendiri Facebook lainnya. Waktu itu, Zuck yang baru berusia 19 tahun datang ke sana bersama Dustin Moskovitz, pendiri Facebook lain. Ada pula Sean Parker yang adalah presiden pertama Facebook.

Judy Fusco selaku pemilik rumah berkisah tiga orang itu datang dengan maksud menyewa. "Mark berdiri di depan dan tidak masuk ke rumah, sementara Sean dan Dustin berada di tangga depan untuk melihat-lihat," kata Judy seperti dikutip detikINET dari New York Post, Rabu (11/5/2022).

"Tanpa melihat-lihat dulu, Mark bertanya apakah mereka bisa menyewa. Aku bertanya apa yang dia kerjakan dan dia memberitahuku tentang sebuah perusahaan bernama Facebook dan bagaimana dia berencana menghubungkan dunia," tambah Judy.

Zuckerberg memakai pakaian sederhana berupa celana warna hitam dan hoodie, serta hanya pakai sandal. Judy sepakat menyewakan rumahnya USD 5.500 per bulan. Ketahuan bahwa Zuck dan rekan-rekannya dipaksa keluar dari kontrakan sebelumnya karena membuat kerusakan di cerobong asap.

Mereka pindah pada 14 September bersama beberapa orang lain. "Rumah itu jadi penuh dengan engineer dan pegawai Facebook," kata Judy. Jadi bisa dibilang rumah ini adalah kantor pertama Facebook.

Berada di Los Altos, area Silicon Valley, rumah ini kini dijual. Harganya dipatok USD 5,3 juta atau di kisaran Rp 77 miliar. Cukup mahal, mungkin terkait dengan lokasi dan sejarahnya dalam perjalanan awal Facebook.



Simak Video "Meta Akan Ambil Komisi Hampir 50% di Metaverse"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)